Diberdayakan oleh Blogger.

Segala Hal Tentang Metallica, dari A Sampai Z (Bagian 2)

By | 20.34
Segala Hal Tentang Metallica, dari A Sampai Z

ZonaKamu - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Segala Hal Tentang Metallica, dari A Sampai Z - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Ecstasy of Gold

Lagu instrumental karya Ennio Morricone, yang digunakan sebagai soundtrack film The Good, the Bad, and the Ugly. Lagu ini, bersama cuplikan filmnya, diputar sebagai pembuka konser Metallica sejak tahun 1983.

Metallica pernah meng-cover lagu ini untuk album kompilasi We All Love Ennio Morricone (2007). Tercatat hanya 1 kali Metallica memainkan secara live lagu ini, yaitu pada 28 Juli 2009, di Copenhagen, Denmark.

Escape

Track ke-6 dalam Album Ride the Lightning. Judul awalnya adalah 'The Hammer'. Sejak diluncurkan tahun 1984, lagu ini hanya dimainkan live satu kali, dalam show di Orion Music + More Festival tanggal 23 Juni 2012.

Rumor yang beredar adalah lagu ini merupakan 'pesanan' pihak label dan distributor, yang meminta mereka membuat lagu yang lebih lunak, untuk menjaring konsumen yang kurang menyukai musik thrash.

James mengatakan, sebelum memainkan secara live, tak ada satu anggota band pun yang ingin memainkan lagu ini. Kirk Hammett menjelaskan kepada Rolling Stone bahwa keengganan mereka memainkan lagu ini murni alasan teknis, "Lagu ini tak bagus dimainkan live, nadanya di A, dan kami sering tak nyaman memainkan nada A, meskipun Ktulu dan Metal Militia juga di kunci A".

F.O.B.D.

Judul awal lagu yang direkam 8 Desember 1995. Merupakan versi awal atau demo lagu 'Until It Sleeps'. Merupakan singkatan dari lagu 'Fell on Black Days', karena musiknya mengingatkan pada lagu milik Soundgarden. Dalam CD Fan Can 1 juga terdengar mereka menyebut “fell on black days” sebelum mulai jamming lagu Until It Sleeps.

Gitar Solo James

Meskipun gitar solo biasanya diciptakan dan dimainkan oleh lead gitarist, Kirk Hammett, namun James Hetfield tercatat sering menciptakan dan main gitar solo dalam lagu-lagu Metallica. Bahkan dalam lagu 'Nothing Else Matters', gitar solo dilakukan secara penuh oleh James.

Lagu lain dari rekaman album (studio) yang terdapat solo gitar oleh James selain Nothing Else Matters (sebagian berbagi solo dengan Hammett), antara lain Master of Puppets, To Live is To Die, The Unforgiven, My Friend of Misery, The House Jack Built, Thorn Within, The Outlaw Torn, Carpe Diem Baby, Turn the Page, Whiskey in the Jar, Overkill, Damage Case, Stone Dead Forever, Too Late Too Late, Ecstasy of Gold, Suicide & Redemption, dan Just A Bullet Away.

Namun saat live, mereka sering berbagi tugas, yang kadang berbeda daripada saat rekaman album di studio. Kadang James memainkan sebagian solo Kirk, atau Kirk mainkan riff James.

Untuk membedakan gitar siapa yang sedang main saat mendengar rekaman live mereka sederhana saja, yaitu suara gitar James lebih kuat di sisi kiri, sedangkan suara gitar Kirk lebih kuat di sisi kanan.

Guinness Book

Metallica masuk dalam Guinness Book of World Records edisi 2015 untuk kategori "Pemusik pertama yang melakukan konser di seluruh 7 kontinen bumi (Eropa, Afrika, Asia, Australia, Amerika Selatan, Amerika Utara (jadi satu dengan kutub utara) dan kutub selatan) dalam satu tahun.

Rekor ini terpenuhi saat mereka main di depan 120 ilmuwan dan pemenang kontes di Carlini Station, Antartika, tanggal 8 Desember 2013.

Grant, Lloyd

Gitaris pertama selain James Hetfield yang terlibat dengan Metallica. Mengisi solo gitar pada lagu pertama Metallica yang masuk rekaman, yaitu Hit The Lights, dalam album Kompilasi ‘Metal Masacre’ yang terbit tahun 1982.

Masih menjadi perdebatan di kalangan fans, apakah Lloyd Grant dianggap anggota atau hanya tamu, karena secara teknis dia hanya mengisi solo gitar, dan tak pernah sekalipun ikut manggung. Kemungkinan besar dia memang hanya dilibatkan oleh Lars Ulrich untuk keperluan mengisi solo gitar dalam album kompilasi Metal Masacre, bukan sebagai anggota.

Hatred Aside

Lagu Sepultura dari album Against, dimana Jason Newsted ikut andil dalam penciptaan liriknya. Jason juga memainkan gitar bariton, serta andil dengan vokal seraknya.

I am The Table

Potongan lirik yang menghebohkan fans Metallica, karena James Hetfield seperti mengucapkan frase itu pada bagian outro lagu 'The View' (kolaborasi dengan alm. Lou Reed dalam album Lulu). Lirik aslinya adalah "I am the tablet". Kehebohan ini di internet kemudian melahirkan meme (gambar lelucon) untuk James.

Logo

Logo pertama Metallica ciptaan James Hetfield, termasuk desain Scary Guy (tengkorak berjambul) seperti dalam sampul Box Set Live Shit: Binge and Purge, atau beberapa sampul Single dan EP seperti dalam EP 'live at Wembley Stadium' dan single 'One - live'. James juga berperan dalam penciptaan logo Metallica lainnya, seperti logo era Load/ReLoad, 'M' Ninja Star, era St. Anger, dan era Death Magnetic.

Memory Remains (dialog)

Dalam outro lagu kedua di Album ReLoad, penyanyi tamu Marianne Faithfull mengucapkan, "Say yes. At least say hello." Kalimat itu diambil dari film favoritnya, berjudul 'The Misfits', yang diperankan oleh Marilyn Monroe.

Metal Massacre

Album kompilasi yang berisi lagu-lagu dari band underground, terutama di area California. Diproduksi oleh teman Lars, Brian Slagel, pemilik Metal Blade Records.

Sebelum memulai produksi Metal Masacre edisi pertama, Lars meminta jatah 1 lagu kepada Brian, meskipun saat itu (tanpa sepengetahuan Brian) Lars bahkan belum memiliki band, dan Brian menyanggupi. Ini adalah rekaman studio Metallica pertama kali yang beredar secara resmi (demo No Life Til Leather juga direkam di studio, namun beredar secara bootleg).

Metal Milita

Selain judul lagu terakhir Album Kill Em All, Metal Militia juga digunakan sebagai nama pertama fans club Metallica, sebelum kemudian berubah menjadi The Metallica Club di akhir 1993.

Metal Up Your Ass

Judul album pertama Metallica yang diinginkan oleh anggota band, namun ditolak oleh label dan distributor. Mendengar penolakan itu, Cliff Burton bereaksi dengan mengatakan, "Just kill 'em all, man". Ternyata anggota lain menyukai kalimat itu, dan mengubah judul album menjadi Kill 'Em All.

Nama Palsu

Metallica pernah menggunakan nama palsu saat pentas (biasanya untuk membuat kejutan kepada penonton), yaitu The Four Horsemen (San Francisco, 20 Juli 1984),
Frayed Ends (LA, 24 Mei 1988), The Lemmy's (saat pesta ultah Lemmy Kilmister di West Hollywood, CA 14 Desember 1995), Spun (SF, 4 Juni 2002), Volsung (peluncuran video game "Guitar Hero: Metallica" di Austin, Texas, 20 Maret 2009), dan Dehaan (di acara Orion Music + More Festival, Detroit, 08 Juni 2013).

Only Thing

Judul asli demo lagu yang kemudian menjadi lagu Orion dan Welcome Home (Sanitarium) dalam album Master of Puppets. Awalnya, Only Thing adalah lagu instrumental, namun atas masukan Cliff Burton lagu itu dijadikan 2 lagu; Orion (full instrumental), dan Welcome Home (Sanitarium) yang bersyair.

Baca lanjutannya: Segala Hal Tentang Metallica, dari A Sampai Z (Bagian 3)

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda