Diberdayakan oleh Blogger.

Segala Hal Tentang Metallica, dari A Sampai Z (Bagian 3)

By | 20.37
Segala Hal Tentang Metallica, dari A Sampai Z

ZonaKamu - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Segala Hal Tentang Metallica, dari A Sampai Z - Bagian 2). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Pancakes/Pancakes Go!

Dalam film dan CD soundtrack Metallica, Through The Never (2013), dan juga sering kali saat live show memainkan lagu Master of Puppets, James Hetfield meneriakkan kata "Pancakes" atau "Pancakes Go!" sesaat sebelum solo gitar Kirk Hammett masuk. Lirik sebenarnya adalah "Fix me!"

Sejarah frase ini berawal dari tahun 1986, ketika drummer Anthrax, Charlie Benante, penasaran dan menanyakan kepada Cliff Burton ketika dua band ini tur bareng, "Apa yang diteriakkan James di lagu Master itu?" dan Cliff pun menjawab dengan bercanda, "Pancakes."

Kisah ini diceritakan Benante kepada James Hetfield saat bertemu kembali di Sonisphere festival di Warsawa, Polandia, 16 Juni 2010, saat pertama kalinya "Big 4" main satu panggung.

Mendengar itu, James berterima kasih kepada Benante, dan hari itulah pertama kalinya "Pancakes" diteriakkan oleh James untuk mengenang Cliff Burton, yang pernah mengaku bahwa lagu Master of Puppets adalah lagu favoritnya.

Namun demikian, James juga kadang tidak meneriakkan 'pancakes' di lagu itu dalam beberapa event, di antaranya pada 8 November 2014 dalam acara Blizzcon di Anaheim, CA, kemudian dalam Concert for Valor 11 November 2014 di Washington, DC, yang ketiga saat melakukan corporate gig untuk Salesforce.com tanggal 9 Februari 2015 di San Francisco, CA, dan dalam Rock im Revier Festival di Gelserkirchen, Germany, 29 Mei 2015.

Selebihnya, hingga konser terakhir Rasputin Music, Berkeley, CA, 16 April 2016, pancakes were back!

Piss and Blood

Judul karya fotografi ciptaan Andres Serrano yang digunakan sebagai sampul album ReLoad. Objek foto adalah darah dan urine.

Pushead

Nama desainer cover single 'One', 'Harvester of Sorrow', serta sampul eksterior dan interior album St. Anger. Bernama asli Brian Schroeder, dia banyak mendesain poster konser dan kaos-kaos Metallica.

Seniman lain yang karyanya pernah digunakan Metallica antara lain Tony Squindo, Mark Devito, Dirty Donny, Andie Airfix, Andres Serrano, dan Richey Beckett.

Quintana, Ron

Sahabat Lars Ulrich dan pencipta nama Metallica. Pada awal 1982, Quintana akan menerbitkan sebuah majalah untuk para penggemar musik metal di area California. Dia membicarakan usulan nama untuk majalahnya, kepada Lars Ulrich.

Ada dua pilihan nama pada saat itu: Metal Mania dan Metallica. Lars tertarik menjadikan Metallica sebagai nama bandnya, dan mendorong Quintana untuk menggunakan nama Metal Mania untuk majalahnya.

Radio City, Anaheim CA

Lokasi bersejarah bagi Metallica, karena merupakan tempat pertama kalinya mereka pentas dengan nama Metallica, pada 14 Maret 1982. Mereka membawakan 2 lagu asli (Hit the Lights dan Jump in the Fire) dan 7 lagu cover.

Menurut Lars Ulrich, pentas ini adalah pentas paling berkesan dari seluruh show mereka, karena saat itu mereka masih sangat muda, tidak memiliki kru, dan tak punya gitar cadangan. Sialnya, baru mainkan lagu pertama, senar gitar Dave Mustaine putus, dan ruangan terasa sunyi ketika menunggu Dave mengganti senarnya.

"Sepuluh menit yang terasa lama sekali. James mencoba melucu seperti standup komedian, tapi gagal. Aku sembunyi di balik bass drum-ku. Rasanya ingin lari ke luar ruangan," kata Lars menggambarkan.

Recycler, The

Surat kabar tempat Lars Ulrich memasang pengumuman mencari teman nge-jam lagu-lagu heavy metal. Pemasangan iklan pertama direspons oleh James Hetfield, dan yang kedua datanglah Dave Mustaine.

So What!

Majalah internal khusus anggota The Metallica Club/Met Club (fans club resmi Metallica), yang terbit sejak tahun 1994 dan menghentikan versi cetaknya tahun 2015 (Met Club berdiri tahun 1993, fans club sebelumnya bernama Metal Militia).

Sebelum keanggotaan Fan Club digratiskan pada Oktober 2015, setiap anggota yang membayar iuran tahunan ($60 untuk anggota di luar USA) akan mendapat 4 edisi So What! dalam setahun/3 bulan sekali.

Selain itu, anggota juga mendapatkan kaos khusus anggota, kartu anggota, foto bertanda tangan (reprinted), dan surat ucapan selamat datang dari salah satu anggota band. Setelah keanggotaan digratiskan, semua paket keanggotaan dihentikan, diganti dengan konten digital di situs metallica.com

Spastik Children

Adalah band ‘main-main’ yang dibentuk oleh Fred Cotton. Saat senggang rekaman atau tour, James Hetfield bergabung sebagai drummer, menggantikan Rich ‘Jumbo’ Sielert. Cliff Burton juga ikut bergabung sebagai bassist, yang kemudian tugas nge-bass dipegang Kirk Hammett setelah Burton tewas.

Tercatat beberapa artis rock/metal pernah bergabung di band ini: Jason Newsted – gitar (bassist Metallica 1986–2001), Paul Baloff – vokal (vocalist awal Exodus), Gary Holt - gitar (gitaris Exodus dan Slayer), Jim Martin – bass/vocal (gitaris Faith No More awal), Doug Piercy – gitar (gitaris Heathen), dan Jose Valdes – gitar ritem.

Tommy's Joint

Nama restoran di San Francisco yang menyediakan menu daging, kentang, dan bir. Metallica sering nongkrong di sini, di awal karirnya. Di tempat ini pula Jason Newsted diberi tahu bahwa dia diterima bergabung dengan Metallica pada 28 Oktober 1986, dan kemudian diplonco dengan minum bir sebanyak mungkin.

When Hell Freezes Over

Judul asli lagu instrumental Metallica pada album Ride The Lightning, 'The Call of Ktulu'.

Whiplash

Single pertama mereka, diambil dari album Kill 'Em All. Tema lagu tentang kondisi sebagai band dan fans Metallica saat tur/tampil live. Lagu dibuat di tengah proses rekaman album. Band Motorhead meng-cover lagu ini, dan memperoleh penghargaan Grammy Award.
Zazula, John/Johnny

Seorang pemilik toko musik ‘Rock and Roll Heaven’ di New York, yang juga menjual rekaman bootleg band-band indie AS dan Eropa. Johnny Z inilah yang menawarkan diri untuk menjadi manajer Metallica, dan mencoba menawarkan mereka kepada label besar.

Karena ditolak, Johnny Z akhirnya mendirikan sendiri label rekaman bernama Megaforce Records, yang memproduksi album Kill 'Em All dan Ride The Lightning. Tanggal 2 Agustus 1984, John Z tak lagi jadi manajer Metallica.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda