Diberdayakan oleh Blogger.

Manfaat Rahasia Lompat Tali, Olahraga Asyik dan Menyenangkan

By | 15.29 Leave a Comment
Manfaat Rahasia Lompat Tali, Olahraga Asyik dan Menyenangkan

Mungkin kamu sudah mengenal atau pernah melakukan olahraga lompat tali yang biasa dikenal dengan olahraga skipping sebagai salah satu olahraga sehat murah meriah. Nah bagi kamu yang belum pernah, olahraga ini sebenarnya memiliki banyak manfaat baik terutama untuk kesehatan jantung dan berat badan loh. Nah, untuk kamu yang ingin mencoba olahraga ini, yuk cari tahu manfaat melakukan lompat tali dengan benar.

Lompat tali dapat membentuk banyak otot tubuh mulai dari bagian atas hingga bawah serta melatih koordinasi dan meningkatkan kebugaran otot kardiovaskular kamu. Lompat tali juga lebih banyak membakar kalori dibanding dengan olahraga lagi selama sepuluh menit. Jadi bagi kamu yang ingin mengurangi berat badan sambil melatih otot tubuh, lompat tali bisa menjadi pilihan olahraga yang baik.

Cara Melakukan Lompat Tali yang Benar

Tak hanya sekedar olahraga biasa, lompat tali juga bisa membuahkan hasil yang maksimal untuk kesehatan tubuh jika dilakukan dengan baik dan benar. Namun tentunya harus dilakukan dengan benar agar terhindar dari risiko cidera. Nah berikut ini adalah persiapan latihan lompat tali yang harus kamu lakukan :
  • Jangan lakukan jika terdapat nyeri di lutut
  • Jangan lakukan lompat tali jika terdapat cidera pada kaki dan pergelangan kaki
  • Pastikan untuk melakukan lompat tali di atas permukaan yang baik dan rata agar memperoleh pendaratan yang tepat. Pastikan juga kamu melakukannya di lantai yang tidak licin. 
  • Melakukan pemanasan sebelum melakukan lompat tali. Hali ini sangatlah penting agar terhindar dari risiko cidera. Kamu bisa melakukan peregangan otot dengan lompat kecil atau peregangan otot lainnya.
  • Siapkan tali dan sepatu olahraga yang layak saat melakukan olahraga lompat tali. Sebagai pemula, pilihlah tali bermanik-manik plastik agar lebih mudah dikendalikan dan terjaga kualitasnya. Kamu juga bisa menggunakan sepatu lari atau sepatu olahraga lainnya. Selanjutnya tentukan panjang tali yang benar agar terhindar dari cidera.

Manfaat Lompat Tali

Setelah mengetahui cara yang tepat dalam olahraga lompat tali kamu bisa melakukan olahraga ini secara rutin setiap hari. Tak perlu dengan waktu lama, kamu bisa melakukan lompat tali cukup dengan ritme 15 menit sampai 20 menit. Jika dilakukan secara konsisten tak menutup kemungkinan akan membuahkan hasil terutama untuk kesehatan dan kebugaran tubuh. Selain itu banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan salah satunya sebagai berikut:

Menurunkan Berat Badan

Olahraga skipping yang dilakukan selama satu jam secara rutin dapat membakar kalori dalam tubuh hingga kurang lebih 1000 kalori. Lompat tali mampu membakar lemak dalam tubuh yang kemudian dikeluarkan bersama keringat, jadi secara tidak langsung lompat tali dapat menurunkan berat badan. Nah bagi kamu yang sedang menjalani diet, olahraga ini cukup sederhana dan murah untuk membantu proses dietmu.

Meningkatkan Kapabilitas

Selain dapat menurunkan berat badan olahraga lompat tali juga dapat meningkatkan kepadatan tulang dan juga meningkatkan kapabilitas tubuh secara keseluruhan.

Mengencangkan Otot

Manfaat lainnya adalah dapat mengencangkan otot jika dilakukan secara rutin salah satunya pada bagian kaki, lengan dan perut. Melakukan lompat tali akan membentuk otot-otot di bagian tersebut secara tidak langsung.

Menambah Tinggi Badan

Tambahnya tinggi badan juga bisa kamu dapatkan dari olahraga ini, apalagi masa remaja adalah masa pertumbuhan dimana seseorang mampu tubuh mendapatkan tinggi ideal. Tak heran jika olahraga skipping sering dijadikan program bagi para remaja yang ingin meninggikan badan.

Nah sudah tahukan kalau olahraga lompat tali banyak sekali manfaatnya. Oleh sebab itu, mungkin olahraga ini bisa kamu jadikan opsi dalam program menurunkan berat badan. Selain lompat tali, sebenarnya masih banyak olahraga lain yang juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh maupun untuk pembentukan otot. Jika kamu mengkombinasikan olahraga tersebut dengan program diet wrp kamu, sudah dipastikan kamu dapat menjaga pola hidup sehat loh.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: