Tips Meningkatkan Loyalitas Pelanggan dengan Omnichannel Communication

Komunikasi merupakan salah satu aspek penting bagi brand dalam membangun kedekatan dengan pelanggan. Di era digitalisasi yang terus berkembang, pelanggan memiliki akses ke berbagai macam channel untuk melakukan komunikasi dan pembelian, mulai dari toko fisik hingga platform e-commerce. Melihat hal tersebut maka strategi omnichannel communication menjadi semakin penting bagi brand untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang semakin kompleks. Dengan memadukan berbagai channel, brand dapat menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik dan meningkatkan loyalitas pelanggan.  Salah satu cara untuk meningkatkan loyalitas pelanggan melalui omnichannel communication dapat dilakukan dengan mengirimkan promosi yang tepat sasaran. 

Tips meningkatkan loyalitas pelanggan melalui pesan promosi:


Identifikasi customers behavior dapat dilakukan dengan memanfaatkan memanfaatkan data dari berbagai channel, seperti email, media sosial, dan platform e-commerce. Dengan informasi ini, Anda dapat mengirimkan promosi yang relevan dan menarik untuk setiap pelanggan. 

Menyesuaikan Pesan Promosi

Anda dapat memanfaatkan insight mengenai pelanggan untuk membuat pesan promosi yang menarik dan sesuai dengan preferensi pelanggan. Selain itu, konten yang dibuat juga harus sesuai dengan channel yang digunakan. 

Melakukan Analisis Efektivitas Pesan 

Ketika Anda mengirimkan suatu pesan promosi, Anda harus mengecek tingkat open email dan tingkat klik untuk mengukur seberapa efektif promosi yang dikirimkan. Hasil dari analisis tersebut dapat dijadikan evaluasi untuk kemudian dapat menyesuaikan strategi promosi dan meningkatkan tingkat loyalitas pelanggan. 

Konsistensi Pesan

Pastikan pelanggan mendapatkan pengalaman yang konsisten di setiap channel yang Anda gunakan untuk mengirimkan promosi. Hal ini dapat membantu meningkatkan kesan positif dan memperkuat loyalitas pelanggan.

Mengadakan Reward

Anda dapat memberikan reward kepada pelanggan setia atau pelanggan yang telah memenuhi kriteria tertentu seperti diskon eksklusif atau hadiah spesial. Hal ini dapat membantu meningkatkan loyalitas pelanggan dan mendorong mereka untuk terus membeli produk Anda. 

Demikianlah beberapa tips yang dapat membantu Anda meningkatkan loyalitas pelanggan dengan pesan promosi melalui omnichannel communication. Dengan mengikuti tips-tips tersebut, Anda dapat menciptakan pengalaman pelanggan yang lebih baik dan memperkuat hubungan dengan mereka. Loyalitas pelanggan bukanlah sesuatu yang terjadi dalam semalam sehingga harus dibangun dengan konsistensi dan usaha yang berkelanjutan. 

Jika Anda tertarik atau akan memulai strategi omnichannel communication, maka menggunakan layanan omnichannel dari Telkom adalah pilihan yang tepat. Omnichannel Telkom berfokus pada pengembangan solusi omni-komunikasi yang dapat melakukan penyebaran pesan melalui telepon, email, SMS, dan WhatsApp dalam skala banyak dan dalam waktu yang bersamaan. Selain itu, OCA Telkom juga memiliki sistem Customer Relationship Management (CRM) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas komunikasi, dan engagement pelanggan.