Twitter memblokir pengguna dari tautan cuitan ke banyak server utama untuk Mastodon, salah satu alternatif Twitter yang paling terkenal. Larangan tersebut diberlakukan setelah wartawan dan akun Mastodon tiba-tiba ditangguhkan dari platform.

Beberapa pengguna mengatakan jika mencoba membuat cuitan dengan menampilkan banyak tautan Mastodon akan menghasilkan pesan kesalahan. “Kami tidak dapat menyelesaikan permintaan ini karena tautan ini telah diidentifikasi oleh Twitter atau mitra kami sebagai berpotensi berbahaya.”

Twitter saat ini memblokir tautan ke server asli mastodon.social dan lebih dari sepuluh domain lain yang diuji The Verge. Larangan tautan ke Mastodon mengikuti kontroversi terbaru ini seputar @ElonJet, akun yang melacak keberadaan jet pribadi CEO Twitter Elon Musk.

Dilansir The Verge, Twitter menangguhkan akun Twitter @ElonJet dan segera menangguhkan akun pribadi orang yang mengelolanya. Twitter juga memperkenalkan kebijakan baru yang melarang orang berbagi lokasi langsung orang lain.

Keesokannya, giliran akun Twitter Mastodon ditangguhkan. Meskipun sampai sekarang masih belum tahu alasannya, larangan tersebut terjadi segera setelah akun tersebut men-tweet tautan ke halaman @ElonJet di Mastodon. 

Hingga saat ini Twitter tidak menanggapi permintaan komentar meskipun telah membubarkan kantor persnya. Sementara Mastodon juga belum menanggapi kasus ini.