Internet memungkinkan aneka hal yang sebelumnya sulit dilakukan. Salah satunya memudahkan kita mendapatkan sayuran, buah, hingga daging organik, tanpa harus keluar rumah. Cukup dengan membuka situs-situs tertentu yang menyediakannya, kita bisa langsung mendapatkan bahan-bahan masakan yang kita butuhkan.

Di Indonesia, ada cukup banyak situs yang menyediakan aneka kebutuhan masakan/makanan sehari-hari, meliputi sayuran, buah-buahan, hingga daging-dagingan. Beberapa situs itu bahkan ada yang juga menyediakan aneka kebutuhan rumah tangga—khususnya terkait ibu dan anak—sehingga urusan belanja kebutuhan sehari-hari makin mudah dan praktis.

Berikut ini adalah beberapa situs yang bisa Anda manfaatkan untuk memenuhi segala kebutuhan harian Anda, terkait kebutuhan masakan, makanan, dan beberapa hal lain.

SESA.ID

Situs ini menyediakan aneka kebutuhan harian yang sangat lengkap, dari sayur dan buah organik, ayam organik, daging, seafood, beras, kacang, biji-bijian, bahan masakan, pastry & bakery, dairy, snack, minuman, sampai berbagai kebutuhan ibu dan anak.

Selain itu, SESA.ID juga menyediakan berbagai produk perawatan tubuh dan kecantikan organik dari merek internasional yang berbahan dasar alami, sehingga aman untuk perawatan tubuh, rambut, dan kulit, bagi semua kalangan usia.

Selain melayani pembelian untuk konsumen, SESA juga mengelola perkebunan sayur organik sendiri, dengan penanaman yang dilakukan di area tanah dengan sumber air alami, hingga menghasilkan produk panen tinggi nutrisi dan kesegaran yang terjaga.

Khusus untuk produk fresh dan makanan siap saji, SESA siap mengantar ke seluruh area Jakarta dan Tangerang Selatan, sementara produk lainnya dapat dikirim ke seluruh Indonesia.

Selain mengelola perkebunan organik, SESA juga memiliki peternakan ayam organik di alam bebas (free-range) pertama di Indonesia. Dengan pakan rempah dan sayuran organik, ayam yang dihasilkan memiliki nutrisi lebih tinggi, serta aman untuk dikonsumsi.

Hal lain yang perlu diperhatikan, SESA menjual produknya secara langsung ke konsumen, atau dari tangan pertama, sehingga harganya relatif murah. Anda bisa berbelanja langsung di situs toko sayur mayur ini.

Happy Fresh

Happy Fresh memungkinkan kita berbelanja sayuran dan bahan masakan lainnya secara online. Di situs ini, kita bisa leluasa memilih seperti layaknya berbelanja di supermarket. Jadi kita dapat memilih supermarket mana untuk berbelanja.

Semuanya hampir tersedia di layanan belanja online ini. Kita dapat memesan bahan masakan kapan saja, tetapi pesanan akan dikirim dalam waktu pukul 10.00 - 22.00. Untuk metode pembayaran, dapat dilakukan dengan membayar tunai atau menggunakan kartu kredit.

Limakilo

Limakilo menyediakan aneka produk segar, meliputi sayur, buah, hingga daging organik. Produk yang dijual sudah dibungkus dalam paket, dengan berat tertentu. Tersedia aneka pilihan sayur dan daging, dan maksimal pemesanan 100 paket. 

Aplikasi Limakilo tidak menampilkan seluruh komoditas, namun hanya menampilkan kategori produk pilihan dan produk terbaru. Pilihan lebih lengkap dapat dilihat di situs Limakilo. Untuk pemesanan juga ada minimal jumlah harga, yaitu Rp 90 ribu. 

Sayurbox

Aplikasi Sayurbox tampil menarik. Tak cuma menjual sayur dan buah, Sayurbox juga menawarkan produk makanan sudah jadi, seperti salad dan smooties.

Konsumen bisa menentukan tanggal pengiriman produk. Rentang waktu pengiriman adalah dua sampai delapan hari setelah pemesanan.

Ongkos kirim Rp 20 ribu, dan ada promo gratis ongkos kirim untuk minimal pembelian Rp 150 ribu. Pengiriman barang terbatas hanya untuk wilayah DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat. Pemesanan bisa dilakukan di situs dan aplikasi. 

RegoPantes

RegoPantes adalah situs yang mempertemukan antara petani dengan konsumen secara langsung. Kita bisa berbelanja produk segar di RegoPantes lewat situsnya. Sementara aplikasi yang tersedia di Play Store Android hanya bisa digunakan oleh petani. 

Untuk melakukan pembelian, kita harus melakukan login terlebih dulu. Pembayaran tersedia dengan transfer ke beberapa rekening bank.

Pembelian bisa dilakukan jika barang yang dipesan sudah lebih dari 4 kg. Pengiriman dilakukan 7 hari setelah pemesanan. Pengiriman menggunakan GrabParcel. Tarif GrabParcel untuk pengiriman di hari yang sama Rp 20.000, dengan maksimal berat 7 kg.