Diberdayakan oleh Blogger.

Pahami agar Proses Klaim Asuransi Menjadi Mudah

By | 12.12
Pahami agar Proses Klaim Asuransi Menjadi Mudah

Banyak orang yang mengatakan jika klaim asuransi online ataupun offline begitu sulit dilakukan. Padahal, klaim asuransi tidak sesulit yang dikira. Asalkan memenuhi berbagai syarat. Ada beberapa sistem pembayaran klaim seperti reimbursement, klaim asuransi cashless dan santunan. Tiap klaim asuransi memiliki kekurangan dan kelebihan.

Agar tak kecewa nantinya, tidak ada salahnya menanyakan terlebih dahulu, selain klaim yang perlu dipahami, Anda juga bisa menanyakan terlebih dahulu apa saja jaringan rumah sakit yang dapat digunakan, jangan sampai kesulitan saat berobat.

Sistem Reimbursement, Seperti Apa itu?

Sistem ini pada dasarnya mengharuskan si pemegang polis menanggung biaya medis yang berasal dari uang pribadi terlebih dulu dan kemudian biaya tersebut akan ditagihkan ke perusahaan dengan melampirkan kwitansi. Memang, sistem ini kurang diminati oleh nasabah, selain itu sistem ini juga jarang digunakan, karena memberikan kesulitan untuk nasabah karena harus menyediakan uang muka. Bila tak memiliki dana, nasabah tidak terlayani dengan baik.

Sistem Cashless

Di zaman yang berkembang ini sistem ini memang lebih banyak digunakan. Ketika nasabah sakit, mereka hanya perlu menunjukkan kartu anggota asuransi, ke rumah sakit untuk melakukan pembayaran biaya rumah sakit seusai plafon yang disepakati. Ada begitu banyak kemudahan yang diberikan dari sistem ini. Contohnya, Anda tak perlu membawa dana ketika sakit, dan bisa langsung berobat.

Proses klaim dari sistem ini hanya perlu menunjukkan kartu anggota asuransi ke pihak rumah sakit. Nantinya semua biaya pengobatan selama di rumah sakit akan menjadi tanggungan dari perusahaan. Pengurusan tagihan pun dilakukan rumah sakit ke pihak perusahaan.

Sistem Santunan

Sistem santunan tidak berpatokan pada biaya yang Anda keluarkan selama berobat di rumah sakit, nantinya perusahaan asuransi akan memberikan sejumlah dana santunan. Besaran dana santunan ini sudah disepakati di dalam polis. Proses klaim untuk memperoleh santunan seperti kuitansi pengobatan, formulir klaim asuransi dan berbagai dokumen lain.

Sakit merupakan kondisi yang manusiawi, sehingga tidak ada salahnya Anda memikirkan asuransi kesehatan mulai dari sekarang. Jika Anda ingin melakukan pembelian produk asuransi dan investasi SBR, kunjungi Tanamduit.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda