Tips Menggunakan Alat Pelurus Rambut

ZonaKamu - Pelurus rambut, atau yang biasa disebut catok, adalah sarana yang banyak digunakan untuk tujuan meluruskan rambut. Biasanya, alat satu ini dapat menyebabkan semacam rasa “kecanduan”.

Maksudnya, apabila seseorang telah melihat betapa lurus dan lembutnya rambut yang dihasilkan alat tersebut, maka dia pun akan sulit untuk melepaskannya, sehingga akan terus dan sering menggunakannya.

Yang jadi masalah, alat pelurus rambut—tak peduli terbuat dari apa pun—dapat merusakkan rambut apabila penggunaannya tidak tepat atau terlalu sering. Panas yang dihantarkan alat ini dapat menyebabkan rambut kering, dan akhirnya mengalami masalah atau kerusakan.

Jika Anda juga memanfaatkan alat ini untuk urusan meluruskan rambut, tip berikut ini akan memaksimalkan usaha Anda dalam memanfaatkannya, tanpa harus merusak rambut Anda.

Selalu bersihkan alat pelurus rambut Anda, setelah digunakan. Selain menjadikan alat itu lebih awet dan tahan lama, perawatan kebersihan yang baik juga dapat menghindarkan kerusakan pada rambut Anda.

Berlatihlah menggunakan alat pelurus rambut tersebut sebelum Anda berencana menghadiri suatu acara dengan menampilkan keindahan rambut lurus.

Selain agar Anda dapat memprediksi waktu yang digunakan untuk meluruskan rambut, hal ini juga untuk mencegah terjadinya kegagalan pada waktu melakukan proses pelurusan. Penggunaan alat pelurus rambut akan lebih mudah jika Anda sudah terbiasa melakukannya.

Bagilah rambut Anda menjadi beberapa bagian. Ambil sedikit rambut dari bagian tersebut dengan menggunakan sisir, lalu jepitlah dengan alat pelurus rambut. Semakin sedikit bagian rambut yang akan diluruskan, maka akan semakin lurus dan lembut hasilnya.

Tekan dan tahan rambut Anda dengan alat pelurus, kemudian tarik secara perlahan-lahan mulai dari pangkal hingga ujung rambut. Usahakan jangan berhenti di tengah rambut, karena dapat membuat rambut Anda terkesan patah dan tampak tidak alami.

Setelah selesai, gunakan sikat bulu khusus untuk menyisir dan merapikan rambut, sesuai bentuk yang Anda inginkan.

Aplikasikan sedikit serum rambut, agar penampilan rambut Anda terlihat lebih halus, lembut, dan bercahaya.

Biarkan alat pelurus rambut hingga dingin. Setelah itu bersihkan permukaannya dengan menggunakan kain lap yang bersih, dan simpan kembali di tempatnya.