Diberdayakan oleh Blogger.

Panduan Mengatasi Stres pada Waktu Hamil

By | 13.01
Panduan Mengatasi Stres pada Waktu Hamil

ZonaKamu - Stres bisa datang kapan saja, tak peduli Anda sedang hamil atau tidak. Lebih dari itu, kondisi kehamilan juga dapat mendatangkan stres. Karenanya, tidak jarang ibu hamil mengalami stres, sehingga stres tersebut tidak hanya mempengaruhi kesehatannya, tetapi juga janin dalam kandungannya.

Berikut ini beberapa tip yang dapat diupayakan untuk dapat mencegah, meredakan, sekaligus menghilangkan stres selama kehamilan.

Cari dan pahamilah apa yang menjadi penyebab stres Anda—apakah memang karena kondisi kehamilan tersebut, ataukah karena faktor lain semisal tekanan pekerjaan, aktivitas rumah tangga sehari-hari, atau yang lainnya. Setelah Anda mengetahui apa penyebab stres tersebut, maka Anda pun akan lebih terarah dalam menyelesaikan dan mengatasi masalahnya.

Badan yang letih dan lemah lebih mudah terserang stres, karena kurang dapat beraktivitas secara maksimal. Sebaliknya, badan yang segar dan sehat lebih mampu menangkal stres, dan kalaupun stres datang akan lebih dapat mengatasinya. Karenanya, untuk mencegah datangnya stres, perhatikan asupan makanan Anda, lakukan olahraga secara teratur, dan jangan lupa waktu istirahat.

Sebisa mungkin hindari kebiasaan yang tidak baik, yang biasanya dipicu karena faktor emosional.

Jika selama ini Anda mungkin merokok atau mengkonsumsi alkohol jika merasa gelisah, usahakanlah untuk mengalihkan atau menggantikan hal itu kepada hal lain, semisal mengunyah permen karet, makan buah-buahan, mengobrol dengan teman atau keluarga, atau bisa pula berolahraga. Intinya, jangan manjakan kegelisahan Anda dengan sesuatu yang berpotensi membahayakan diri dan janin Anda.

Dapatkan dukungan dari orang lain—pasangan, keluarga, ataupun teman-teman. Kondisi terisolasi secara sosial ataupun rasa kesendirian kadang rentan menimbulkan stres.

Sebaliknya, hubungan komunikasi yang terbina dengan baik dapat membantu Anda mencegah datangnya stres. Kalau pun stres datang, Anda akan lebih mudah mengatasinya, karena Anda mendapatkan dukungan dari lingkungan komunikasi Anda.

Jika memungkinkan, dan jika Anda berminat, Anda bisa mengikuti latihan yoga atau meditasi. Aktivitas tersebut memiliki pengaruh positif terhadap tubuh, sekaligus dapat menurunkan tensi stres yang sedang melanda.

Luangkanlah waktu untuk menyenangkan atau menenangkan diri sendiri. Masuklah ke dalam kamar, berbaringlah di atas tempat tidur (dianjurkan miring ke kiri), lalu dengarkan dan nikmatilah musik lembut yang Anda sukai. Sambil menikmati musik, bayangkanlah diri Anda sedang berada di tempat yang paling Anda sukai atau Anda rindukan.

Apabila stres yang Anda alami dirasakan berat, jangan segan untuk mendatangi dokter untuk mendapatkan nasihatnya. Dokter akan dapat menilai apakah Anda perlu pengobatan atau tidak. Jika diperlukan, Anda juga bisa menghubungi psikiater untuk berkonsultasi.

Berusahalah untuk selalu menjalani hari-hari kehamilan Anda dengan perasaan senang dan ceria. Ingatlah selalu bahwa masa kehamilan adalah pengalaman yang indah, dan Anda layak untuk menikmatinya.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda