Diberdayakan oleh Blogger.

Ternyata, Mengurangi Lemak Bisa Menambah Kualitas Tidur

By | 11.02
Ternyata, Mengurangi Lemak Bisa Menambah Kualitas Tidur

ZonaKamu - Kurang tidur bisa menyebabkan Anda mengalami obesitas atau kegemukan. Sebaliknya, kegemukan bisa menyebabkan Anda mengalami masalah tidur. Dalam urusan berat badan, tidur yang ideal (dalam arti berkualitas dan dalam durasi yang cukup) akan membantu Anda memiliki berat badan ideal.

Seperti yang disebut tadi, masalah kegemukan bisa menyebabkan masalah tidur. Orang dengan berat badan berlebih cenderung kurang memiliki tidur yang berkualitas.

Untuk hal tersebut, para peneliti dari Johns Hopkins School of Medicine, Amerika Serikat, menyatakan bahwa melakukan diet atau menyertainya dengan olah raga bisa membantu tidur lebih berkualitas, terutama bagi orang yang kelebihan berat badan atau obesitas.

Dalam riset yang dilakukan, para peneliti mempelajari 77 orang yang semuanya merupakan pasien diabetes tipe 2 atau orang yang hampir dapat dipastikan menderita diabetes.

Selama enam bulan, semua peserta diminta melakukan diet dan olah raga, atau melakukan diet saja tanpa olah raga. Pada awal dan akhir penelitian, para peserta mengisi Survey Hopkins Sleep, yang mengidentifikasi masalah tidur, seperti sleep apnea, kelelahan di siang hari, dan insomnia.

Setelah enam bulan, peserta di kedua kelompok (yang melakukan diet saja dan yang juga berolah raga) berkurang bobotnya rata-rata sekitar 15 kilogram dan menghilangkan sekitar 15 persen lemak perut mereka. Kedua kelompok itu pun diketahui berhasil meningkatkan kualitas tidur mereka secara keseluruhan sekitar 20 persen, dengan tidak ada perbedaan antara keduanya.

Kerry Stewart, profesor kedokteran di Johns Hopkins University of Medicine, yang juga terlibat dalam riset tersebut, menyatakan, “Berdasarkan studi kami, kunci untuk meningkatkan kualitas tidur adalah penurunan lemak tubuh secara keseluruhan, dan khususnya lemak perut. Penurunan berat badan dapat berasal dari diet saja atau diet ditambah olahraga.”

Hasil studi itu semakin menambah jumlah studi lain yang sebelumnya juga telah mengaitkan antara kualitas tidur dengan berat badan yang ideal.

Karenanya, jika Anda kebetulan mengalami masalah berat badan, dan menyadari tidur Anda kurang berkualitas—ditandai dengan rasa letih, lemas, mudah mengantuk di siang hari meski semalam telah tidur cukup—maka Anda bisa mulai rajin berolah raga atau melakukan diet sehat. Seiring berkurangnya lemak, semakin baik pula kualitas tidur Anda.

Lebih dari, selalu jaga pola tidur yang baik—tepat waktu, dan dalam jumlah yang cukup. Karena, bahkan jika Anda tidak mengalami obesitas sekali pun, Anda akan rentan terkena masalah berat badan jika terbiasa kurang tidur.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda