Diberdayakan oleh Blogger.

Makanan-makanan yang Membantu Menjauhkan Rokok

By | 12.49
Makanan-makanan yang Membantu Menjauhkan Rokok

ZonaKamu - Banyak perokok yang ingin berhenti merokok, dengan berbagai alasan. Biasanya karena alasan kesehatan—ingin memiliki kesehatan yang lebih baik. Namun, masalah klasik yang dihadapi para perokok adalah keinginan untuk terus merokok. Meninggalkan suatu kebiasaan, termasuk merokok, memang sering kali terasa sulit, khususnya lagi di masa-masa awal.

Penelitian yang dilakukan di Duke University menunjukkan, bahwa buah-buahan, sayur-sayuran, dan bahan olahan susu mampu membuat rokok terasa tidak enak. Sebaliknya, makanan seperti daging, kopi, dan minuman beralkohol, akan menghadirkan kenikmatan yang lebih ketika merokok.

Melalui penelitian tersebut, kita seperti diberi satu solusi untuk meninggalkan rokok, yaitu dengan mengonsumsi makanan-makanan tertentu yang menjadikan rokok terasa tidak enak.

Joseph McClernon, PhD, psikolog dari Duke University, menyatakan, “Selama ini kita diberitahu bahwa kandungan nikotin dalam rokok menjadi satu-satunya faktor penyebab kecanduan.

Namun, kami telah mempelajari lebih dalam, dan ternyata kecanduan rokok juga bisa disebabkan oleh adanya efek sensor perasa, penciuman, penglihatan, dan rutinitas kebiasaan merokok.”

Studi itu dilakukan terhadap 209 perokok berusia 21 tahun, dan memiliki kebiasaan merokok minimal satu bungkus rokok setiap hari. Mereka diminta menuliskan daftar makanan yang mampu meningkatkan dan mengurangi kenikmatan merokok.

Ternyata, hampir 70 persen perokok menyatakan bahwa minuman yang mengandung kafein, alkohol, dan daging-dagingan, akan membuat rokok mereka terasa lebih nikmat.

Sebaliknya, sebanyak 45 persen perokok juga memberitahukan beberapa makanan, seperti buah, sayuran, minuman tanpa kandungan kafein (air putih dan jus), serta produk-produk olahan susu, dapat membuat rokok mereka terasa tidak enak.

Penemuan itu pun menyakinkan kita bahwa mengonsumsi makanan yang bisa mempengaruhi rasa rokok adalah salah satu cara yang ampuh untuk meninggalkan rokok, hingga bisa bebas dari rokok dalam jangka panjang.

Berikut ini beberapa makanan yang bisa membantu kita menjauhi rokok.

Susu dan produk olahannya

Para perokok mengetahui, bahwa seusai meminum kopi atau teh, mengisap rokok akan terasa enak. Bahkan, ada orang-orang yang sampai mengoles-oleskan ampas kopi pada batang rokok, dengan tujuan menambah aromanya.

Namun, hal sebaliknya akan terjadi jika kita meminum susu. Setelah meminum susu, rokok akan terasa hambar, dan sama sekali tidak menimbulkan sensasi nikmat sebagaimana yang dirasakan ketika baru meminum kopi atau teh.

Sekadar ilustrasi, coba oles-oleskan susu pada batang rokok. Setelah kering, coba nyalakan untuk dirokok. Dijamin rasanya tidak akan enak, dan kita tidak akan menyukainya.

Buah bervitamin C

Orang yang rutin merokok setiap hari umumnya akan kehilangan asupan vitamin C dalam jumlah banyak. Karena hal itu, tubuh biasanya akan menyesuaikan kondisi tersebut dan menggantinya dengan beberapa elemen tidak alami yang diterima dari nikotin.

Karenanya, jika ingin terbebas dari kebiasaan merokok secara lebih cepat, maka mengasup vitamin C alami sangat penting. Untuk hal itu,  kita bisa mendapatkannya dari buah-buahan yang mengandung vitamin C alami lebih banyak, semisal jeruk, lemon, delima, dan buah-buahan bervitamin C lain. Buah-buahan baik untuk kesehatan semua orang, khususnya bagi yang memiliki ketergantungan terhadap nikotin.

Seledri

Seledri, juga sayuran lain semisal terong, polong-polongan, dan bahkan timun, juga bisa memengaruhi rasa rokok hingga menjadi tidak enak. Mengonsumsi sayuran tersebut akan menurunkan rasa kecanduan kita terhadap nikotin—dengan catatan kita harus bebas alkohol. Mengunyah tangkai seledri bahkan akan mencegah kita dari kecanduan rokok.

Jika kebetulan kita tidak menyukai seledri, bisa diganti dengan wortel. Namun, jangan sampai terlalu banyak mengonsumsi sayuran manis, karena kelebihan kadar glukosa akan mengaktifkan bagian otak yang mempengaruhi rasa nikmat dan puas. Dengan kata lain, glukosa dari rasa manis akan membuat kita terus kecanduan.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda