Diberdayakan oleh Blogger.

Makanan-makanan untuk Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah

By | 13.06
Makanan-makanan untuk Menurunkan Kadar Gula Dalam Darah

ZonaKamu - Di antara hal penting yang perlu dilakukan penderita diabetes adalah mengontrol kadar gula dalam darah. Karena hal penting itu pula, para penderita diabetes pun sangat hati-hati dalam mengonsumsi makanan, dengan tujuan gula darah mereka terus terkontrol, agar penyakit yang diderita tidak makin parah.

Jika Anda kebetulan juga penderita diabetes, ada beberapa makanan yang perlu dikenali untuk dikonsumsi, karena mampu membantu menurunkan kadar gula dalam darah Anda. Berikut ini di antaranya.

Alpukat

Alpukat kaya serat yang memperlambat sistem pencernaan, dan mencegah kadar gula dalam darah meningkat terlalu cepat. Selain itu, alpukat juga mengandung lemak baik. Namun, karena alpukat juga memiliki kandungan kalori tinggi, sebaiknya tidak terlalu sering mengonsumsinya.

Buncis 

Buncis dan kacang-kacangan mengandung sedikit lemak, kaya protein, dan serat. Untuk mengonsumsinya, Anda bisa memasak menggunakan variasi kacang-kacangan seperti buncis, lentil, kacang merah, dan lainnya.

Kayu manis

Kayu manis diketahui mampu meningkatkan kemampuan insulin untuk merespons glukosa. Hal itu akan membantu menurunkan tingkat gula darah, dan menurunkan kolesterol jahat.

Ikan

Ikan yang kaya omega-3 seperti salmon, sarden, hering, makarel, dan lainnya, sangat baik untuk kesehatan jantung dan seluruh tubuh. Jenis-jenis ikan tersebut rendah lemak dan rendah kolesterol.

Kacang

Kacang-kacangan semacam almond, pecan, walnut, atau lainnya, mengandung serat dan lemak sehat. Mengonsumsi kacang tidak hanya membuat cepat kenyang, namun juga mengontrol tingkat gula darah Anda. Sebaiknya, pilih kacang yang tidak mengandung banyak garam. Selain itu, karena kacang mengandung kalori tinggi, sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak.

Oatmeal

Oatmeal adalah makanan kaya serat, dan mampu membantu Anda mengontrol tingkat gula darah agar tetap stabil.

Ubi jalar

Dibandingkan kentang, ubi jalar mengandung serat lebih banyak. Karenanya, ubi jalar mampu menurunkan lebih banyak kadar gula dalam darah.

Sayuran

Sayuran segar mengandung lemak dan kalori yang rendah, namun kaya serat dan cairan. Sayuran juga membantu Anda lebih mudah kenyang, serta tidak menyebabkan tingkat gula dalam darah melonjak.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda