Diberdayakan oleh Blogger.

Kisah Amitabh Bachchan dan Kasus Mie Instan

By | 12.51
Kisah Amitabh Bachchan dan Kasus Mie Instan

ZonaKamu - Amitabh Bachchan, aktor senior India, menghadapi masalah hukum gara-gara mie instan yang ia iklankan. Kasus itu bahkan menyeret selebritas India lain, yaitu Madhuri Dixit dan Preity Zinta, dua wanita yang merupakan aktris senior di India.

Ceritanya, tiga selebritas tersebut—Amitabh Bachchan, Madhuri Dixit, dan Preity Zinta—menjadi bintang iklan untuk produk mie instan bermerek “Maggi”. Sebagai artis, mereka pun terbuka pada tawaran membintangi iklan produk mie tersebut, dan sejak itu mereka mulai identik dengan mie instan “Maggi”.

Lalu, suatu hari, ada seorang laki-laki yang membeli mie instan “Maggi” di sebuah toko di Muzaffarpur, India. Setelah memakan mie tersebut, ia jatuh sakit. Laki-laki itu lalu melaporkan produk mie “Maggi”, dan terbukti kalau mie instan tersebut mengandung zat berbahaya, yaitu bahan pengawet Mono Sodium Glutamat (MSG) dalam jumlah besar.

Karena kenyataan itu, laki-laki tadi melaporkan mie instan “Maggi” ke polisi, juga melaporkan Amitabh Bachchan, Madhuri Dixit, dan Preity Zinta, karena menjadi bintang iklan mie tersebut.

Polisi menindaklanjuti laporan itu dengan menyiapkan tuduhan kepada ketiga artis di atas, dengan pasal berlapis tentang menyebarkan infeksi penyakit, memasarkan makanan berbahaya, memasarkan obat tertentu sebagai obat berbeda, dan penipuan serta kebohongan.

Menghadapi kasus itu, Amitabh Bachchan menyatakan akan menghadapinya sesuai prosedur yang berlaku. Begitu pula dengan Madhuri Dixit dan Preity Zinta.

“Aku sudah menjadi bintang iklannya selama dua tahun belakangan ini,” tutur aktor Bollywood tersebut. “Aku belum menerima pemberitahuan hukum. Begitu aku mendapatkannya, aku akan bertemu pengacaraku. Aku akan mengikuti proses hukum yang berjalan, dan bekerja sama sepenuhnya.”

Melihat kasus ini, sebenarnya artis-artis yang menjadi bintang iklan produk mie tersebut tidak bisa disalahkan sepenuhnya, karena bagaimana pun mereka hanya artis yang dikontrak untuk menjadi bintang iklan.

Dalam kapasitas mereka sebagai selebriti, sepertinya agak riskan kalau mereka sampai harus memeriksa kandungan produk yang akan mereka iklankan, lebih-lebih kalau produk itu berupa mie instan yang bisa dibilang sebagai produk umum yang telah dikenal banyak orang.

Karenanya, langkah yang ditempuh Amitabh Bachchan patut dihargai, karena dia menyatakan akan mengikuti proses hukum atas masalah itu dengan baik. Dia tidak mencoba berdalih atau berusaha mengelak kalau dia hanya sekadar menjadi bintang iklan, melainkan juga memiliki rasa tanggung jawab atas produk yang diiklankannya.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda