Diberdayakan oleh Blogger.

Ini 9 Makanan dengan Aneka Manfaat Menakjubkan

By | 13.00
Ini 9 Makanan dengan Aneka Manfaat Menakjubkan

ZonaKamu - Tubuh yang terasa lesu, kurang bertenaga, atau kehilangan semangat, bisa terjadi karena kurang olahraga. Namun, bisa jadi pula karena asupan yang kita konsumsi kurang mendukung dalam hal itu. Untuk mengatasinya, kita bisa memilih jamur. Jika dikonsumsi secara wajar dan rutin, jamur dapat meningkatkan semangat, dan membuat tubuh terasa bugar.

Selain jamur, tiram juga memiliki kandungan manfaat yang sangat baik untuk tubuh. Anemia, yang sering menjadi penyebab berbagai masalah seperti kulit kusam, rambut rontok, dan lain-lain, bisa diatasi dengan mengonsumsi tiram secara rutin. Berikut ini aneka makanan dengan beragam manfaat, yang bisa kita pilih untuk kebutuhan sehari-hari.

Jamur

Sejak berabad-abad, jamur telah menjadi makanan istimewa banyak orang yang menjadi penggemarnya. Orang Yunani kuno, misalnya, percaya bahwa makan jamur dapat menyebabkan seseorang menjadi lebih kuat dan sehat. Firaun, raja Mesir yang terkenal, juga sangat menyukai makan jamur. Dia bahkan menyebut jamur sebagai makanan para dewa.

Kenyataannya, jamur memang memiliki fungsi yang baik untuk tubuh. Selain mengandung berbagai macam asam amino esensial, lemak, mineral, dan vitamin, jamur juga mengandung zat penting yang berpengaruh terhadap kesehatan.

Kacang brasil

Jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar, kacang brasil diyakini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan mencegah penyakit kanker. Meski begitu, sejumlah ahli menyarankan agar konsumsi kacang ini tidak berlebihan, karena dapat berpengaruh buruk bagi kesehatan.

Blackberry

Selain blueberry yang terkenal, blackberry atau buah beri hitam termasuk buah yang bermanfaat untuk tubuh, karena mengandung antioksidan paling tinggi dibandingkan buah lainnya. Mengonsumsi blackberry secara rutin dapat membantu menjaga kulit tetap kencang.

Jeruk bali

Jeruk bali mengandung vitamin C tinggi yang membantu tubuh memproduksi kolagen, juga mengandung protein yang digunakan untuk membuat kulit, tulang rawan, tendon, ligamen, serta pembuluh darah. Selain itu, jeruk bali juga membantu proses penyembuhan dengan cepat, hingga sering dibawakan untuk orang yang sedang sakit.

Bawang putih

Jika dikonsumsi secara teratur, bawang putih dapat menghambat proses penuaan, dan mampu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, bawang putih juga mampu menghambat pertumbuhan sel kanker, sehingga risiko terkena kanker dapat dikurangi.

Tiram

Tiram memiliki kandungan protein rendah lemak, vitamin B, terutama B12, zat besi, dan omega-3 asam lemak. Selain itu, tiram juga dipercaya mampu mengencangkan kulit.

Masalah anemia yang dapat menyebabkan perubahan pada kulit, rambut, dan kuku, juga bisa diatasi dengan mengonsumsi tiram. Karena kandungan manfaat tersebut, para penggemar olahraga kebugaran pun banyak yang menjadikan tiram sebagai makanan kesukaan.

Telur

Telur adalah makanan yang mudah didapatkan, relatif murah, mudah diolah dengan berbagai resep dan sajian, serta memberi manfaat besar. Telur memiliki citarasa enak sehingga digemari banyak orang.

Sebagai sumber protein, telur memiliki banyak keunggulan, di antaranya kandungan asam aminonya yang paling lengkap, dibandingkan bahan makanan lain semacam ikan, daging, ayam, tahu, dan tempe.

Alpukat

Alpukat termasuk buah-buahan yang mengandung lemak tinggi (sekitar 6,5 persen), namun lemak tersebut tergolong lemak tak jenuh tunggal oleat yang lazim disebut omega-9. Lemak jenis itu mampu menurunkan kelebihan kolesterol jahat secara efektif, terutama jika kita juga membatasi konsumsi lemak jenuh.

Hasilnya akan nyata kalau konsumsi alpukat diiringi dengan mengurangi makanan gorengan dan bersantan, daging berlemak, dan kuah yang mengandung lemak. Alpukat dipercaya bisa membuat awet muda.

Lobak swiss

Sayuran ini memiliki berbagai vitamin dan mineral berantioksidan tinggi, sumber vitamin K dan kalsium, yang berfungsi menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Daun lobak ini pahit, namun mengandung vitamin A yang dikenal sebagai retinol, dan sering digunakan sebagai bahan utama penangkal jerawat. Jika kesulitan mendapatkan lobak ini, bayam bisa dijadikan sebagai pengganti, dengan kandunan manfaat yang tak jauh beda.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda