Diberdayakan oleh Blogger.

Fakta-fakta Mencengangkan Seputar Metallica

By | 20.26
Fakta-fakta Unik dan Mencengangkan Seputar Metallica

ZonaKamu - Metallica adalah salah satu dari The Big 4, julukan dari media dan fans bagi empat band terbesar dalam sejarah awal subgenre thrash metal, bersama Slayer, Megadeth, dan Anthrax. Sebagian musisi metal menambahkan satu band lagi menjadi big 5, yaitu Exodus, terutama era vokalis Paul Baloff, karena aksi panggung band ini, dan fans mereka yang atraktif, hingga turut menyebarkan kepopuleran subgenre thrash metal.

Atraksi panggung itu kemudian menjadi cikal bakal aksi penonton headbang, moshing, dan stage dive. Keempat band ini pernah mengadakan tur dengan nama The Big Four Show tahun 2010 (Eropa) dan 2011 (USA).

Lima band yang berpengaruh dalam awal perkembangan musik thrash metal adalah Metallica (dikenal sebagai pionir aliran ini), Slayer (dikenal dengan musik paling 'heavy' di antara yang lain), Megadeth (State of the art atau berteknik tinggi), Anthrax (musiknya dinilai membuka peluang aliran thrash dikawinkan dengan aliran lain / crossover), dan Exodus (aksi panggung yang atraktif).

Uniknya, kelima band ini memiliki keterkaitan: Gitaris Megadeth (Dave Mustaine) adalah bekas anggota Metallica, Gitaris Slayer (Kerry King) pernah satu band dengan Dave Mustaine, salah satu eks vokalis Anthrax (John Bush) pernah ditawari jadi vokalis Metallica meski menolak, dan Kirk Hammett adalah bekas gitaris Exodus. Selain Anthrax yang berasal dari New York, 4 band lainnya berasal dari California.

Metallica pernah satu kali manggung sebagai band dengan 5 personel (five-piece band), yaitu Lars Ulrich, James Hetfield, Ron McGovney, Dave Mustaine, dan Brad Parker alias Damien C. Phillips, pada 23 April 1982 di Concert Factory, Costa Mesa, California.

Saat itu, James murni vokalis, mereka membawakan 8 lagu: Hit the Lights, Blitzkrieg, Metal Militia, Jump in the Fire, Helpless, Sucking My Love, the Mechanix, Let it Loose. Saat anggota lain bersiap di ruang ganti, Brad Parker muncul duluan di panggung dan memainkan solo gitar. Kelakuan Brad itu yang membuat James memutuskan menyanyi sambil main gitar, dan tak lagi mengajak Brad Parker.

Metallica adalah band pertama dan satu-satunya, tempat Lars Ulrich pernah bergabung hingga saat ini.

Selama lebih dari 14 tahun masa karirnya bersama Metallica (1986-2001), Jason Newsted tercatat hanya pernah terlibat dalam penulisan 3 lagu saja: 'Blackened' (...And Justice for All - 1988), 'My Friend of Misery' (Metallica (Black Album) - 1991), dan 'Where the Wild Things Are' (ReLoad - 1997).

Sementara bassist terbaru Metallica, Rob Trujillo, sejak bergabung tahun 2003 sudah tercatat sebagai co-writer dalam 17 lagu (10 dari Album Death Magnetic, 4 dari EP Beyond Magnetic, 2 single Lords of Summer versi 2014 dan 2016, dan 1 lagu dari album 2016 Hardwired... To Self-Destruct).

Metallica meraih 9 penghargaan Grammy Award sepanjang karirnya, dari 19 kali dinominasikan sejak 1989 hingga 2015. Sejumlah 6 Grammy diraih untuk kategori Best Metal Performance:

1. Tahun 1990 untuk single 'One'
2. Tahun 1991 untuk lagu 'Stone Cold Crazy' (album kompilasi Rubaiyat 40th Elektra Anniversary)
3. Tahun 1992 untuk album Metallica
4. Tahun 1996 untuk lagu 'Better Than You'
5. Tahun 2004 untuk lagu 'St. Anger'
6. Tahun 2008 untuk lagu 'My Apocalypse'

Juga masing-masing 1 Grammy untuk kategori:

Best Hard Rock Performance tahun 2000: lagu 'Whiskey In the Jar'

Best Rock Instrumental Performance tahun 2001: 'The Call of Ktulu' dalam album S & M

Best Recording Package tahun 2009: box set Death Magnetic.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda