Belakangan ini nama Timothy Ronald ramai dibicarakan di media sosial usai kontennya yang mengundang pro dan kontra terkait "kopi 80 ribu". Konten tersebut diunggah lewat akun youtube miliknya, dengan judul "Kesalahan Terbesar Investasi Gua di Umur 18 Tahun" yang di upload pada 17 Februari 2023 lalu.

Kabar mengejutkan terbaru datang setelah seorang youtuber bernama lengkap Fleming Onasis Halim membongkar asal muasal konten yang dibuat oleh Timothy Ronald. Ia membongkar isi konten Timothy Ronald mengandung plagiarisme dari mantan kickboxer sekaligus influencer kontroversial yang seringkali disebut motivator, yakni Andrew Tate.

Yang membuat kaget, Timothy Ronald tak hanya satu kali melakukan plagiarisme terhadap Andrew Tate, namun terdapat 23 pernyataan Timothy yang terhitung melakukan plagiarisme dari seorang motivator kelahiran Inggris-Amerika tersebut.

Video tersebut diunggah dengan judul "Timothy Ronald Plagiarisme 1 Sampai 23" di akun @flemingonasis pada 9 April 2023.

Dalam video tersebut, Fleming Onasis mengawalinya dengan pernyataan Timothy terkait kontennya yang tercipta dari isi kepalanya sendiri, dan menjamin bila isi pemikiran dirinya tak akan ditemukan di tempat-tempat lain.

"Jadi ini edukasi-edukasi yang gua sampein di sini, itu lu ga akan ketemu di tempat lain. Karena ini semua dari otak gua sendiri," pernyataan Timothy Ronald sebagai pembuka dalam video tersebut.

Kemudian dalam video tersebut, Fleming Onasis memulai penemuan plagiarisme pertama lewat konten Timothy tentang "Kopi 80 ribu". Isi video tersebut ternyata mengandung plagiat yang bahkan bisa dibilang sangat mirip dengan apa yang diucapkan Andrew Tate.

Tak hanya pada pemikiran tentang kopi 80 ribu, pola pemikiran Timothy yang menyatakan bahwa Edukasi = Scam ternyata juga terbukti memplagiatkan ungkapan Andrew Tate. Total terdapat 23 pernyataan dari Timothy Ronald yang terbukti melakukan plagiat.

Pemikiran Money Never Sleep, Why Money Can Buy Happiness, Money is Game, dan puluhan pernyataan Timothy lainnya terbukti melakukan plagiarisme dari mantan Kickboxer Andrew Tate.

Berbagai komentar pedas muncul di video tersebut, menyatakan bahwa Timothy Ronald plagiat, bahkan salah satu komentar dalam video tersebut memberikan ungkapan terima kasih yang mengandung sarkasme atau sindiran terselubung. 

"Thanks tate brother for the motivation, and thanks to bang Timothy for the translate." ungkap akun youtube Feredi Ansyah.

Siapa Andrew Tate, dan Siapa Timothy Ronald?

Berdasarkan informasi, Andrew Tate merupakan mantan Kickboxer Profesional yang kemudian terkenal setelah muncul lewat acara TV Big Brother pada tahun 2016 silam. Saat itu Andrew Tate lebih dikenal usai dikeluarkan dari program tersebut setelah videonya tersebar melakukan penyerangan pada seorang wanita. 

Sosok Andrew Tate bisa dibilang kontroversial, bahkan terakhir Andrew Tate ditangkap di Rumania pada 29 Desember 2022 bersama saudara laki-lakinya bernama Tristan, karena dicurigai melakukan perdagangan manusia, pemerkosaan, dan membentuk kelompok kejahatan terorganisir, kata jaksa penuntut.

Meski begitu, Andrew Tate sempat dikenal sebagai motivator setelah meluncurkan kelas online andrewtateuniversity.shop berisi berbagai motivasi tentang Bisnis, Kesehatan Mental, Kebugaran, dan berbagai bidang lainnya.

Lalu siapa Timothy Ronald? Timothy merupakan influencer yang dikenal sebagai salah satu investor muda di Indonesia. Ia founder Ternak Uang, sebuah aplikasi untuk belajar investasi, saham dan topik keuangan umum lainnya. Ternak Uang didirikan pada 24 Februari 2021. 

Nama Timothy mulai melambung usai menyampaikan pernyataan kontroversial tentang motivasi kepada anak muda untuk membeli kopi seharga 80 ribu di lobby hotel untuk melihat gaya hidup para pebisnis atau orang sukses di sana.