Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berhasil menorehkan banyak prestasi di tingkat regional maupun nasional semenjak dua periode menjabat. Bahkan, Ganjar tercatat telah membawa Jawa Tengah meraih setidaknya 30 penghargaan dalam satu tahun terakhir.

Meski meraih banyak prestasi dan penghargaan, Ganjar Pranowo terilihat tidak sombong. Dalam berbagai kesempatan usai menerima penghargaan, gubernur berambut putih itu selalu mengatakan bahwa penghargaan yang diterima merupakan hasil kerja keras kawan-kawan di Pemprov Jateng dan bupati/walikota, serta seluruh masyarakat Jawa Tengah. 

Ia menilai penghargaan yang didapatkan merupakan pendorong agar ke depan bisa lebih baik lagi.

“Banyak peran yang ditorehkan oleh kawan-kawan di sana sehingga Jawa Tengah bisa menjadi yang terbaik. Prestasi ini tentu tidak lepas dari kerja kawan-kawan siang-malam. Inovasi dari kawan-kawanlah yang membuat Jawa Tengah bisa berprestasi," ujar Ganjar dalam beberapa kesempatan.

"Kita tidak boleh terlena. Ada tanggung jawab besar dari setiap penghargaan yang diterima, artinya kita masih harus bekerja keras untuk menjadi lebih baik. Initinya adalah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat Jawa Tengah,” ujarnya menambahkan.

Beberapa penghargaan yang diterima Ganjar Pranowo dan Provinsi Jawa Tengah termasuk tiga penghargaan dari Baznas RI, yaitu sebagai Gubernur Pendukung Gerakan Zakat Indonesia, Provinsi dengan koordinasi pengelolaan zakat terbaik BAZNAS RI, Provinsi/Kabupaten/Kota dengan inovasi pengumpulan zakat terbaik. 

Ada juga penghargaan Terbaik Kredit Usaha Rakyat (KUR) 2021 dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian. Menko Perekonomian Airlangga Hartarto memberikan penghargaan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo karena Jateng berhasil mendapat nilai terbaik dari 17 provinsi lain dan membuat beragam program kredit usaha rakyat dengan menggandeng partisipasi berbagai pihak.

Kemudian, menerima penghargaan dari Koalisi Dog Meat-Free Indonesia atas keseriusannya dalam mendukung kampanye bebas daging anjing di Provinsi Jawa Tengah.

PWI Jateng memberikan penghargaan kepada Ganjar Pranowo atas dedikasinya dalam meningkatkan kemampuan wartawan melalui kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang rutin dilaksanakan di Jawa Tengah.

Selanjutnya menerima penghargaan Opini WTP ke-11 BPK RI dan penghargaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah dari BPKP. Kemudian, menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2021 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Ada juga tiga penghargaan sekaligus dari Badan Kepegawaian Negara (BKN). 

Teranyar, Ganjar sukses menjadikan Jateng sebagai provinsi terinovatif oleh Kementerian Dalam Negeri dalam Innovative Government Award (IGA) 2022.