Laksamana TNI (Purn) Bernard Kent Sondakh adalah Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) tahun 2002-2005, era Presiden Megawati dan Presiden SBY, yang kini resmi bergabung dalam Ganjarian Spartan, organ pendukung Ganjar Pranowo yang militan. 

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Ganjarian Spartan HM Guntur Romli dalam keterangan pers, Minggu, 23 April 2023. 

Guntur Romli mengatakan Kent Sondakh termasuk Pendiri Ganjarian Spartan, namun namanya baru diumumkan hari ini.

"Pak Kent Sondakh termasuk salah seorang Pendiri Ganjarian Spartan dan sudah terlibat dalam proses pembentukan Ganjarian Spartan sejak awal, namun karena waktu itu Mas Ganjar Pranowo belum dideklarasikan secara resmi oleh PDI-P, Pak Kent minta namanya tidak dicantumkan dulu, tapi beliau mendukung penuh sejak awal Ganjarian Spartan" kata Guntur Romli.

Kent Sondakh kelahiran Palopo Sulawesi Selatan 74 tahun lalu yang meraih pangkat tertinggi di TNI Angkatan Laut dengan bintang empat (Laksamana TNI) dan dianugerahi Bintang Mahaputera Utama tahun 2005.

Setelah Ganjar Pranowo diputuskan oleh Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri, sebagai capres dari PDI-P, Jumat 21 April 2023, Ganjarian Spartan mengumumkan secara resmi Kent Sondakh sebagai Dewan Pembina Ganjarian Spartan.

"Dengan gembira dan bangga kami umumkan Bapak Laksamana TNI (Purn) Bernard Kent Sondakh sebagai Pendiri dan Dewan Pembina Ganjarian Spartan, beliau salah seorang putra terbaik bangsa Indonesia dari kawasan Timur yang memiliki karier dan jasa yang tak perlu diragukan lagi, sejak awal tak pernah ragu mendukung Ganjar Pranowo, tegak lurus pada Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika," lanjut Guntur Romli.

Kent Sondakh juga dikenal pendukung Joko Widodo pada tahun 2014 dan 2019. Kent Sondakh juga percaya Ganjar Pranowo adalah Penerus Jokowi.

"Pak Kent Sondakh mendukung Jokowi tahun 2014 dan 2019 untuk mewujudkan visi kelautan Indonesia untuk terus menjadi Poros Maritim Dunia, ini yang akan diteruskan oleh Ganjar Prabowo pada 2024." pungkas Guntur Romli.

Bernard Kent Sondakh menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) di era Presiden Megawati dan Presiden SBY dari tahun 2002-2005.

Kent Sondakh kelahiran Palopo Sulawesi Selatan 74 tahun lalu yang meraih pangkat tertinggi di TNI Angkatan Laut dengan bintang empat (Laksamana TNI) dan dianugerahi Bintang Mahaputera Utama tahun 2005.

Saat menjadi KASAL, Kent Sondakh dikenal membuat kebijakan yang luar biasa.

Di antaranya, tidak ada kompromi kepada para pelanggar hukum di lautan Indonesia yang dibuktikan dengan perintah tegas penindakan untuk menenggelamkan kapal-kapal pelaku, yang kemudian ditiru oleh Susi Pudjiastuti sewaktu menjadi menteri kelautan.

Angkatan Laut Era Kent Sondakh juga meluncurkan kapal patroli KAL-35 yang berasal dari rancang bangun Dislitbang TNI AL, serta meremajakan kembali kapal-kapal perang eks Jerman Timur dan melakukan "overhaul" kapal selam, yang disusul dengan penandatanganan kontrak pembelian 4 buah kapal korvet Sigma Class dari Belanda untuk melengkapi postur TNI AL dalam "Blue Print" Pengembangan Kekuatan sampai tahun 2024.