Garasi merupakan bagian dari rumah yang dibangun untuk menyimpan berbagai kendaraan dan barang-barang lainnya. Biasanya garasi dibangun di bagian depan, belakang, atau samping rumah. Sebenarnya fungsi utamanya adalah untuk melindungi mobil dari segala cuaca.

Saat membangun garasi mobil, pemilik rumah harus memperhatikan desain yang sesuai dengan tampilan rumah. Sehingga tak hanya bisa digunakan untuk melindungi mobil, keberadaan garasi juga akan membuat rumah terlihat lebih menarik.

Komponen yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membangun Garasi

Dalam proses pembangunan garasi, tidak bisa dilakukan secara asal-asalan. Ada berbagai hal yang harus dipertimbangkan, seperti ukuran dan ketersediaan lahan. Selain itu terdapat komponen lain yang perlu diperhatikan, seperti:
  • Adanya ventilasi udara.
  • Pemilihan lantai atau ubin yang tepat.
  • Model pintu garasi yang aman.
  • Space atau ruang tambahan untuk menyimpan perkakas dan sparepart lainnya.
  • Bahan dan material yang digunakan.

Inspirasi Desain Garasi yang Bagus

Secara umum ada dua desain garasi yang sering dipilih, yaitu terbuka dan tertutup. Keduanya dapat dikembangkan dengan desain yang lebih cantik. Berikut adalah beberapa inspirasi desain yang dapat dijadikan referensi untuk membuat garasi.

Tema Natural dengan Tanaman Hias

Desain garasi dengan tema natural banyak diminati oleh orang-orang yang tinggal diperkotaan. Pasalnya tema ini dapat membuat tampilan rumah jadi tampak lebih asri. Pemilik rumah bisa meletakkan berbagai tanaman hias untuk menambah nilai estetika.

Selain itu, pemilihan pot juga menjadi hal yang penting untuk mempercantik garasi. Pilih pot yang bentuknya unik namun tidak terlalu besar. Tujuannya supaya mobil tetap cukup untuk diparkirkan di garasi dan masih tersedia space untuk menyimpan barang-barang.

Desain Industrial yang Tertutup

Sedangkan, jika lebih suka dengan garasi tertutup, desain industrial bisa menjadi pilihan terbaik. Desain ini terkesan maskulin dan biasanya didominasi dengan warna hitam atau abu-abu. Untuk lantainya, hanya perlu dicor semen agar menambah kesan unik.

Bagian dindingnya dapat menggunakan batu bata putih ekspos atau merah supaya ada campuran warna yang menarik. Supaya tidak terlalu tertutup, tambahkan ventilasi atau pintu yang memiliki celah. Sehingga cahaya matahari tetap bisa masuk.

Garasi Bertema Country

Tema country banyak digunakan di negara Eropa dan Amerika. Desainnya sangat modern dan terlihat unik. Garasi ini cenderung terbuka namun tetap aman karena ada tambahan pagar berbahan dasar besi sebagai pintu.

Selain itu terdapat juga kanopi yang terbuat dari fiber glass untuk melindungi mobil dari terik matahari dan hujan badai. Pemilik rumah dapat menambahkan lampu atau tanaman hias supaya terlihat lebih cantik dan menarik.

Setiap rumah membutuhkan garasi mobil untuk melindungi kendaraan dari segala cuaca. Selain itu, garasi juga dapat digunakan sebagai tempat untuk menyimpan barang-barang. Sepeda dan kendaraan lain pun bisa disimpan dan diparkirkan dengan aman di garasi ini.