Penyanyi sekaligus pencipta lagu, Melly Goeslaw, mengaku tak bisa membaca not balok hingga tak bisa bermain alat musik. Pengakuan itu diungkapkan Melly Goeslaw kepada Soleh Solihun di akun YouTube 3 SECOND TV. 

"Benar, enggak bisa baca not balok, enggak bisa main alat musik," ujar Melly Goeslaw. 

Biasanya, untuk proses pembuatan lagu, Melly kerap meminta seseorang untuk membuat aransemen lagu yang telah diciptakannya. Apabila aransemen lagunya telah dibuat, penyanyi yang dijuluki ratu soundtrack ini akan memeriksa kembali apakah nadanya sesuai yang diharapkan. 

"Bersenandung direkam di walkman, terus dikasih ke temen yang bisa main musik, terus dibikinin chord-nya," kata Melly Goeslaw. 

Namun, diakui wanita berumur 56 tahun ini, dia lebih sering meminta suaminya, Anto Hoed yang mengaransemen lagunya. Pasalnya, menurut Melly Goeslaw, suaminya telah paham ciri khas gerakan nada lagu yang ditulis Melly. 

"Kalau Mas Anto kan udah lama, kita udah 25 tahun nikah, dia mah udah paham, 'si Melly mah nadanya ke sini-sini, gitu'," kata Melly. 

"Makanya hampir 90 persen lagu saya diaransemen oleh Mas Anto karena lebih gampang komunikasinya, dia lebih paham," ungkap Melly Goeslaw lagi.