Indosat Ooredo Hutchison (IOH) merilis layanan kartu SIM elektronik alias eSIM di dalam negeri. Apa keunggulannya?

SVP Head of Corporate Communications of IOH, Steve Saerang mengatakan layanan eSIM sudah tersedia di beberapa gerai di DKI Jakarta. Namun sayang, layanan ini belum tersedia secara nasional.

"IOH telah menyediakan produk eSIM (SIM Digital) yang simpel, transparan, dan tanpa khawatir, di beberapa gerai di Jakarta," kata Steve lewat keteranganya.

Lebih lanjut ia menjelaskan pelanggan dapat melakukan aktivasi nomor baru dan penggantian kartu fisik nomor lama, baik prabayar maupun pascabayar di Gerai KPPTI, Pondok Indah, Roxy, Kota Kasablanka, Mangga Dua, dan Mall Ambassador.

"Produk eSIM tersebut segera tersedia secara nasional dan akan kami informasikan dalam waktu dekat," tuturnya.

IOH menjadi operator seluler kedua yang memberikan layanan eSIM di Indonesia. Sebelumnya pada Juli 2019 SmartFren sudah merilis terlebih dahulu layanan eSIM bagi pengguna di dalam negeri.

Teknologi eSIM menjadi terobosan baru dalam dunia telekomunikasi selular. Layanan itu menawarkan tingkat fleksibilitas baru bagi konsumen dan operator.

Dengan perangkat berkemampuan eSIM, pelanggan bisa menikmati konektivitas lebih bebas tanpa harus membeli kartu SIM secara terpisah.

Sederet ponsel kekinian juga sudah dilengkapi dengan fitur eSIM, di antaranya iPhone XR, iPhone 11, iPhone 12, iPhone 13 dan iPhone 14.

Sedangkan di Samsung yang sudah dilengkapi eSIM di antaranya Galaxy S20 dan S20+, Galaxy Z Fold 3, Galaxy Flip, Galaxy S21 Ultra, Galaxy S22 Ultra.

Sebelumnya, Director & Chief Operating Officer Indosat Ooredoo Vikram Sinha mengatakan pihaknya tak mau meluncurkan eSIM cuma sekadar sebagai kemasan pemasaran.

"Kami tidak mau meluncurkannya hanya sebagai marketing campaign. Di sisi pengguna, ketika mereka siap, kami juga siap," kata Vikram.