Kartu kredit atau credit card adalah alat pembayaran pengganti uang tunai. Kartu ini dapat digunakan oleh konsumen untuk ditukarkan dengan barang dan jasa yang diinginkannya.

Kartu kredit berlaku di tempat-tempat yang dapat menerima pembayaran dengan menggunakan kartu kredit (merchant). Jadi pada prinsipnya, kartu kredit dikeluarkan oleh bank, untuk kemudahan para penggunanya.

Cara kerja kartu kredit diatur oleh Bank Indonesia (BI) sebagaimana halnya produk perbankan yang lain. Saat ini banyak orang yang telah menggunakan kartu kredit, bahkan mungkin sudah jadi kebutuhan karena kemudahan yang ditawarkan.

Bank-bank pun terus berinovasi dan berlomba-lomba melakukan penawaran menarik. Seperti memberikan banyak diskon maupun bonus menarik untuk nasabah yang menggunakan kartu kredit.

Namun, sebelum memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, sebaiknya Anda memahami cara kerja kartu kredit terlebih dahulu, dan selektif dalam memilih. Anda perlu tahu apa kelebihan dan kekurangan kartu kredit, sebelum mulai menggunakannya.

Kelebihan Kartu Kredit

Kartu kredit memberikan banyak peluang tambahan bagi konsumen/pengguna untuk mendapatkan kemudahan. Baik dalam bertransaksi maupun skema pembayaran yang bisa dicicil. 

Kartu kredit dapat digunakan untuk mempermudah seorang nasabah sebagai alat pembayaran, sehingga penggunanya tidak perlu membawa uang cash jika ingin melakukan pembayaran dalam banyak hal, seperti belanja, pembayaran rekening listrik, pembayaran telepon, dan lain-lain.

Kartu kredit dapat digunakan untuk mengumpulkan semua bentuk pengeluaran belanja dalam satu tagihan, sehingga waktu yang kita keluarkan lebih efisien, sehingga penggunanya bisa mencatat pengeluaran secara rutin untuk mempermudah dalam mengelola keuangan.

Kartu kredit dapat digunakan untuk menghemat pengeluaran, misalnya pengguna kartu kredit bisa memanfaatkan moment-moment tertentu untuk mendapatkan diskon. Seperti diskon kamar hotel, diskon makan di restoran, atau diskon belanja di mall atau minimarket.

Pengeluaran akan lebih terperinci, yang tertera jelas di rekening giro, bisa untuk melakukan cross checking pada akhir bulan untuk mengetahui apa saja yang Anda belanjakan.

Kartu kredit tertentu ada yang memberikan servis lebih untuk menarik nasabah, seperti memberikan asuransi kesehatan, perjalanan, ataupun kerusakan barang yang dibeli dengan kartu tersebut.

Pemilikan kartu kredit internasional dalam pengguanaan bisa sangat luas, bukan hanya di dalam negeri, sehingga mempermudah pengguna yang ingin melakukan perjalanan ke luar negeri tanpa harus membawa uang cash dalam perjalanan.

Kartu kredit juga untuk bisa untuk melakukan transaksi lewat internet, seperti belanja online, sehingga Anda tidak perlu susah payah melakukan transfer ke bank untuk melakukan pembayaran. 

Bisa belanja terlebih dahulu (kredit) dan bayar bulan depannya. Namun, perlu Anda ketahui, dengan sistem ini Anda dikenai bunga sekitar 2,5% – 3%. Ini tergantung bank bersangkutan yang mengeluarkan kartu kredit.

Bisa melakukan transaksi bisnis di internet (e-commerce) dengan menuliskan nama dan nomor kartu kredit, yang biasanya memiliki 16 digit nomor.

Kemudahan dalam melakukan pembayaran yang bisa dilakukan dengan mencicil atau membayar minimun dari tagihan yang dikirim tiap bulan. Namun jangan sampai terlena, yang bisa memberatkan Anda nantinya.

Kartu kredit memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi. Sehingga, bila kartu kredit hilang, Anda bisa segera melapor ke card center untuk melakukan pemblokiran kartu kredit tersebut.

Kemudahan dalam menggunakan dana pihak lain tanpa bunga bila dilakukan pembayaran lunas tiap tagihan datang (grace period). Dan memungkinkan penggunanya mendapat berbagai hadiah atau tawaran dengan harga diskon khusus bagi pemegang kartu kredit tertentu.

Kekurangan Kartu Kredit 

Penggunaan suatu produk tentu ada kelebihan dan kelemahannya. Begitu juga dalam penggunaan kartu kredit. Setelah di atas disebutkan beberapa kelebihan menggunakan kartu kredit, berikut ini adalah kelemahan atau kekurangannya.

Kartu kredit bisa dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab. 

Bila transaksi bisnis atau trasaksi lain dilakukan di internet, dan bila penjual tidak jujur, ia bisa menerima pembayaran dari bank tapi tidak mengirimkan barang yang dipesan, sehingga Anda harus lebih hati-hati dalam hal trasaksi online. 

Apabila Anda butuh uang atau ingin belanja lebih banyak dari kemampuan, Anda tetap bisa memakai kartu kredit. Namun, yang sering dilupakan oleh konsumen, persentase bunga kredit konsumsi sangat tinggi.

Anda bisa berurusan dengan debt collector yang sering dipakai oleh pihak bank di Indonesia untuk menagih utang. Jadi jangan sampai Anda bermasalah dalam menggunakan kartu kredit. Bayar tagihan tepat waktu jika tidak mau didatangi debt collector. 

Pada saat mengambil uang tunai (cash) melalui mesin ATM, secara langsung Anda akan dikenai fee pengambilan yang besarannya sekitar 30 sampai 40 ribu (tergantung institusi penerbit).

Beban administrasi dan beban bunga kartu kredit yang tinggi jika melakukan pengambilan uang di ATM.

Simpulan

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan menggunakan kartu kredit, Anda sebagai konsumen atau pengguna dapat meneliti terlebih dahulu sebelum mengambil keputusan untuk memiliki dan menggunakan kartu kredit.

Jangan sampai terlena karena kelebihan-kelebihan yang ditawarkan kartu kredit. Anda juga perlu lebih bijak dalam memakai kartu kredit tersebut, sehingga tidak timbul masalah di kemudian hari.