PT PLN (Persero) tengah berupaya mengatasi kelebihan pasokan listrik atau oversupply. Niatnya program kompor listrik menjadi salah satu cara PLN untuk mengurangi kelebihan pasokan listrik itu, namun program tersebut dibatalkan.

Lalu, apa langkah PLN untuk bisa mengatasi kelebihan listrik tersebut setelah program kompor listrik dibatalkan?

Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto mengatakan kelebihan pasokan listrik yang terjadi saat ini lantaran imbas dari prediksi pertumbuhan ekonomi yang meleset. Sementara PLN sudah menyiapkan beberapa pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan.

"Ini tentunya kami juga berusaha bagaimana demand ini bisa tercapai dengan adanya pertumbuhan ekonomi pasca Covid-19 jadi lebih bagus. Harapan baru bagi kami bisa matching antara pembangkit listrik tadi dengan potensi pertumbuhan ekonomi yang ada," ujarnya dalam diskusi PMN BUMN, Untuk Apa Sih?.

Ia pun berharap agar pertumbuhan ekonomi di Indonesia semakin membaik ke depannya. Sehingga hal tersebut dapat menekan oversupply yang terjadi saat ini.

Lebih lanjut, menurut dia dengan dibangunnya industri di Batang dan sebagainya, ia berharap dapat membantu menyerap kelebihan pasokan listrik yang ada. Selain itu, PLN juga tengah berupaya agar dapat menunda pengoperasian atau Commercial Operation Date (COD) pembangkit listrik.

"Harapan kami bisa yang usaha-usaha kemarin bahwa PLN ini menunda COD untuk matching dengan demand dengan menunda COD pembangkit. Ini kerja keras teman-teman PLN untuk menegosiasi," kata dia.

Sebelumnya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) membeberkan bahwa PT PLN (Persero) saat ini tengah mengalami persoalan kelebihan pasokan (over supply) listrik. Bahkan, hingga akhir tahun ini diperkirakan kelebihan pasokan listrik mencapai 6 Giga Watt (GW).

Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Rida Mulyana. Menurut Rida, hingga akhir tahun persoalan kelebihan pasokan listrik yang didera oleh PLN masih akan terjadi. "6 GW (oversupply listrik) kalau akhir tahun ini, yang tahu persis kan di PLN," ungkap Rida.

Rida menyebut bahwa kelebihan daya listrik secara umum terjadi di semua wilayah. Namun yang paling signifikan khususnya terjadi di Pulau Jawa.

Di tempat yang sama, Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan bahwa pemerintah terus berupaya untuk mengatasi masalah kelebihan pasokan listrik di Indonesia. Beberapa di antaranya dengan menggenjot penggunaan kompor listrik hingga kendaraan listrik. "Ini kan satu program untuk meningkatkan demand, kalau demand naik kan serapannya gimana," kata dia.