Corporate gift adalah hadiah yang diberikan kepada karyawan, partner, klien, maupun prospek. Corporate gift tidak harus mewah, namun hadiah yang dipersonalisasi jauh lebih menarik untuk menunjukkan ketulusan Anda dalam memberikan hadiah tersebut. 

Efektivitas pemberian hadiah memiliki korelasi yang kuat dengan dampak psikologis penerimanya. Salah satunya adalah kontak fisik dengan hadiah menghasilkan efek endowment atau rasa memiliki atas barang tersebut.

Hal ini juga mempengaruhi perasaan timbal balik dan kepercayaan. Efek ini sering dimanfaatkan oleh perusahaan ketika memberikan hadiah pada klien atau karyawan.

Untuk prospek

Memberi hadiah dapat memotivasi mereka untuk menggunakan produk atau jasa Anda. Faktanya, 80% konsumen mengatakan bahwa mereka lebih mungkin melakukan transaksi dengan perusahaan, jika menawarkan pengalaman yang dipersonalisasi. 

Mengirim hadiah yang tepat pada waktu yang tepat dapat menjadi motivator bagi prospek untuk mengambil tindakan yang diinginkan, seperti menyelesaikan pembelian, menggunakan service perusahaan, dan sebagainya.

Untuk klien

Klien juga bisa mendapatkan keuntungan dari pemberian hadiah personal. Hal ini dapat menunjukkan bahwa Anda menghargai kerjasama yang tercipta, dan mendorong mereka untuk melanjutkan pembelian berulang untuk produk maupun service Anda. 

Menurut sebuah studi ritel, konsumen yang memiliki hubungan emosional dengan suatu merek memiliki customer lifetime value lebih tinggi, yaitu sebesar 306% .

Untuk karyawan

Bukan hanya klien dan prospek yang perlu dipertimbangkan oleh perusahaan. Dalam banyak kasus, kunci keberhasilan bisnis diawali dari kesuksesan internal. Faktanya, penelitian melaporkan bahwa 57% karyawan mengklaim bahwa menerima hadiah membuat mereka merasa bahagia.

Hadiah ini, terutama jika kualitasnya bagus dan dipersonalisasi dengan baik, dapat membuat karyawan merasa dihargai oleh perusahaan, dan menumbuhkan rasa memiliki, juga mempererat hubungan. Secara psikologis, rasa terima kasih mereka akan diterjemahkan melalui peningkatan kinerja dan produktivitas, dan kualitas layanan yang baik diberikan kepada pelanggan dan prospek.

Tips Memilih Corporate Gift

Pilihan hadiah atau souvenir yang bisa Anda pilih tentu perlu dipastikan bahwa produk tersebut sesuai dengan yang Anda butuhkan. Anda juga perlu memperhatikan beberapa aspek sebelum memesan produk souvenir untuk jadi corporate gift.

1. Update tren terkini

Saat ini terdapat banyak pilihan souvenir eksklusif yang bisa Anda pilih. Bahkan, seiring waktu, desain dan model souvenir pun makin beragam. Dengan begitu, Anda akan semakin mudah dalam memilih produk corporate gift untuk perusahaan tanpa adanya batasan pilihan produk.

Pemilihan souvenir yang disesuaikan dengan tren mampu menarik minat konsumen. Hal ini tentunya dapat Anda lakukan saat acara pembukaan cabang perusahaan baru. Anda juga bisa menghadirkan souvenir saat pengeluaran produk baru.

Dengan demikian, Anda bisa menjadikan souvenir sebagai pelengkap saat konsumen membeli produk tersebut. Tentunya souvenir ini berfungsi sebagai media promosi sehingga mampu menarik minat pelanggan untuk membeli produk kembali.

2. Mengetahui ketertarikan pelanggan

Tips berikutnya yang bisa Anda lakukan sebelum memesan souvenir yakni melakukan riset terhadap ketertarikan pelanggan. Hal ini bisa Anda lakukan dengan mencari informasi mengenai souvenir yang seringkali dipesan oleh kompetitor.

Anda juga bisa melakukan riset pasar sehingga mengetahui secara detail ketertarikan dan kebutuhan masyarakat terhadap souvenir. Hal ini bertujuan untuk memberikan media promosi yang menarik perhatian pelanggan. Sehingga mampu membuat konsumen melakukan pembelian terhadap produk perusahaan.

Selain itu, produk souvenir tersebut mampu menjadi faktor pendorong bagi pelanggan untuk melakukan pembelian ulang. Bahkan, para pelanggan akan merekomendasikan produk usaha dari perusahaan Anda kepada pelanggan lain.

3. Hadirkan souvenir dengan nilai guna 

Perhatikan aspek nilai guna saat melakukan pemesanan merchandise. Adanya nilai guna pada sebuah bingkisan kantor tentunya semakin menarik minat pelanggan untuk membeli produk dari perusahaan Anda.