Setelah bikin geger karena aksinya yang membocorkan data pemerintah hingga kasus Munir, hacker bernama Bjorka kini membuat keputusan yang mengejutkan. Secara mendadak, Bjorka pamit istirahat dari media sosial. 

Sebelumnya, Bjorka diduga telah membuat akun Twitter baru pada Minggu (12/9/2022) setelah akun lawasnya hilang. 

Akun Bjorka (@bjorkanism) diketahui sempat hilang sejak Sabtu sore hingga Minggu dini hari, namun setelahnya sebuah akun baru muncul (@bjorkanismGod) lalu membuat cuitan bahwa sang peretas pamit.

“Saya akan beristirahat sekarang, sampai jumpa dan sayang untuk semuanya,” cuit Bjorka dengan nama akun @bjorkanismGOD, Selasa (13/9/2022).

Bjorka menjadi sosok yang ramai dibicarakan masyarakat Indonesia dalam seminggu terakhir. 

Bjorka diduga mencuri dokumen-dokumen penting lembaga negara maupun swasta, bahkan di hari Sabtu (10/09) sang peretas membagikan beberapa identitas tokoh-tokoh penting di Indonesia.

Salah satu tokoh yang dibagikan identitasnya oleh Bjorka adalah mantan Komandan Komando Pasukan Khusus TNI (Kopassus) periode 1998-1999, Muchdi Purwopranjono.

Pencatutan nama mantan Danjen Kopassus itu terjadi setelah warganet menandai cuitan Bjorka mengenai kematian Munir dan Supersemar.

Berselang sehari, Bjorka mencuit kembali dengan membagikan identitas yang diduga milik Muchdi Purwopranjono.

Sementara itu, tokoh-tokoh lain seperti Ketua DPR RI, Puan Maharani juga dapat mention dari Bjorka pada Sabtu (10/9/2022).

Puan ditanyai akun Bjorka perihal perayaan ulang tahunnya di Gedung DPR, kala ribuan mahasiswa, buruh, dan elemen masyarakat lain melakukan aksi terkait penolakan kenaikan harga BBM.

Aksi teror Bjorka tersebut membuat masyarakat ramai membicarakan dan mencari tahu sosok yang diduga meretas dan mencuri dokumen-dokumen penting. Bahkan di hari Minggu (11/09) trending Twitter dipenuhi cuitan dengan tanda ‘Bjorka' yang mencapai angka lebih dari 150 ribu cuitan.

Sampai hari Selasa siang (13/09) cuitan yang menyebut kata ‘Bjorka’ masih tembus di angka 12,5 ribu unggahan.

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD menyebut bahwa data yang diduga dicuri Bjorka sebelumnya diduga rahasia ternyata bukan data rahasia (12/09).

"Bukan data yang rahasia yang bisa diambil di mana-mana dan kebetulan sama," ungkap Mahfud MD, (13/09/2022).

“Dan kebetulan bukan rahasia juga barang kali cuman dokumen biasa. Tetapi itu memang benar terjadi. Misalnya di Dukcapil ada, di berbagai tempat ada," tegas Mahfud MD.

Sehari setelah pernyataan Mahfud MD itu tersampaikan ke publik, akun Twitter baru yang diduga milik Bjorka (@bjorkanismGOD) justru pamit untuk beristirahat.