Diberdayakan oleh Blogger.

Proses Penyembuhan Pada Luka yang Lama Sembuh

By | 13.04
Proses Penyembuhan Pada Luka yang Lama Sembuh

Meskipun luka bisa sembuh dengan sendirinya tanpa harus melakukan perawatan ke dokter atau rumah sakit, namun ternyata luka lama sembuh disebabkan karena beberapa hal. Meskipun luka tersebut tidak terlalu berbahaya pada fisik Anda, namun setidaknya Anda harus segera melakukan penanganan pada luka supaya luka tersebut benar-benar tersembuhkan dalam waktu yang lebih cepat.

Untuk luka ada beberapa proses penyembuhannya, misalnya seperti berikut ini:

Tahap peradangan atau tahap inflamasi

Tahap ini merupakan awal dari proses penyembuhan luka yang mana pembuluh darah nantinya akan menyempit supaya dapat menghilangkan pendarahan. Untuk sel yang berperan untuk pembekuan darah nantinya akan menggumpal pada area luka. Jika pembekuan sudah selesai maka pembuluh darah melebar yang mengalirkan darah pada area luka. Hal inilah yang menjadikan luka terasa membengkak merah dan hangat.

Tahap fibroblastic

Tahap fibroblastik ini menjadi tahap pembentukan dari jaringan parut ketika luka. Dalam tahap ini penyembuhan luka kolagen akan mulai tumbuh pada luka. Sementara kolagen menjadi serat protein yang akan memberikan kekuatan pada kulit. Keberadaan kolagen inilah yang nantinya akan mendorong luka supaya menutup dan menyusut. Dalam hal ini maka pembuluh darah kecil atau kapiler akan terbentuk pada lubang muka dan memberikan asupan darah dalam kulit yang baru saja terbentuk.

Tahap pematangan

Pada tahap pematangan ini akan terus bertambah yang berpengaruh pada jaringan kulit mengalami kerusakan akan pulih secara perlahan. Untuk proses pematangan ini bisa sampai berbulan-bulan atau bahkan hingga bertahun-tahun lamanya. Dalam hal ini yang menjadikan alasan yang dari bekas luka menjadi semakin memudar.

Perawatan yang memadai dan secara efektif harus dilakukan dengan sebaik mungkin supaya luka bisa segera disembuhkan dengan sebaik mungkin. Bahkan ada juga beberapa luka yang membutuhkan perban. Sehingga jangan heran apabila jaringan kulit yang rusak akibat luka ketika sembuh, kulit menjadi semakin kuat seperti sebelum luka itu terjadi. Namun sayangnya untuk kulit bekas luka memiliki warna yang berbeda dengan kulit yang tidak mengalami. Untuk informasi seputar perawatan luka lama agar cepat sembuh Anda bisa membacanya secara online melalui guesehat.com.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda