Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Penting Seputar Posisi Tidur yang Perlu Kita Tahu

By | 12.42
Tips Penting Seputar Posisi Tidur yang Perlu Kita Tahu

ZonaKamu - Dalam hal tidur, masing-masing orang memiliki posisi favorit. Ada yang senang tidur telentang, ada pula yang senang tidur dengan posisi menyamping. Meski begitu, idealnya, posisi tidur adalah posisi yang berubah-ubah—kadang telentang, kadang menyamping.

Dua posisi tidur itu bisa dibilang memiliki masalah sendiri jika dilakukan tanpa perubahan posisi selama tidur. Bahkan, beberapa orang jadi sulit tidur juga bisa dikarenakan posisi tidur.

Dr. Carol Ash, seorang spesialis masalah tidur, menjelaskan apa yang akan terjadi pada tubuh ketika orang terus tidur dalam posisi telentang atau berbaring menyamping.

Sebagian orang biasa tidur telentang dengan satu lengan dinaikkan ke atas kepala. Posisi semacam itu, kadang-kadang, dapat menyebabkan mati rasa ketika bangun tidur.

Selain itu, posisi telentang juga meningkatkan kemungkinan orang untuk mendengkur. Mengangkat tangan ke atas kepala saat tidur telentang membuka tulang rusuk, dan itu kemudian menyebabkan orang mendengkur serta mengalami masalah pernapasan.

Selain tidur telentang, ada pula sebagian orang yang biasa tidur dengan posisi berbaring menyamping. Tidur dalam waktu lama dengan posisi tersebut rentan memunculkan nyeri di punggung bawah. Karenanya, di sela-sela tidur, ada baiknya untuk mengubah posisi dari berbaring menyamping ke posisi telentang, atau sebaliknya.

Kebanyakan orang memang biasa tidur dalam posisi berubah-ubah, dari telentang berubah menyamping, lalu meringkuk, hingga pindah posisi menyamping ke kanan atau ke kiri.

Jika Anda termasuk orang yang biasa tidur dalam posisi berubah-ubah semacam itu, Anda perlu bersyukur, karena setidaknya Anda akan terhindar dari masalah akibat posisi tidur. Sebagai contoh di atas, tidur telentang tanpa berubah menjadikan orang mendengkur. Sebaliknya, tidur menyamping tanpa berubah menjadikan orang rentan mengalami nyeri pada bagian punggung.

Seperti hal lain, posisi tidur terbentuk dari kebiasaan dan rasa nyaman. Orang yang merasa nyaman tidur telentang menjadi terbiasa dengan posisi itu, sebagaimana orang yang nyaman tidur menyamping pun jadi terbiasa dengan posisi itu. Begitu pun halnya dengan orang yang biasa tidur dengan posisi berubah-ubah.

Sekadar catatan, jika Anda kerap mengalami masalah sakit punggung setelah bangun tidur, ada kemungkinan Anda terlalu lama tidur dalam posisi menyamping. Meski rentan menjadikan orang mendengkur, posisi tidur telentang justru baik untuk menjaga punggung.

Karenanya, seperti yang dinyatakan tadi, sangat baik jika posisi tidur kita tidak stagnan, tapi berubah-ubah. Dalam hal mengatasi masalah punggung, Anda bisa mencoba menempatkan bantal di bawah lutut Anda saat tidur.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda