Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Mencegah Uban di Rambut Kepala

By | 13.31
Tips Mencegah Uban di Rambut Kepala

ZonaKamu - Uban, atau rambut yang memutih, tidak hanya terjadi pada orang yang memang telah lanjut usia. Ada kalanya, orang yang masih muda pun telah mulai dihinggapi uban di rambut kepalanya.

Kesalahan pemakaian shampo, pengaruh cuaca dan sinar matahari, sampai stres, bisa menjadi faktor pencetusnya. Nah, tahukah Anda, air kelapa dapat dijadikan sebagai sarana untuk mencegah timbulnya uban?

Air kelapa mengandung unsur karbon dan nitrogen. Unsur karbonnya berupa karbohidrat sederhana seperti glukosa, sukrosa, sorbitol, inositol, dan lain-lain. Sedangkan unsur nitrogennya berupa protein yang tersusun dari asam amino, seperti alin, arginin, alanin, sistin, dan serin. Sebagai ilustrasi, kadar asam amino dalam air kelapa lebih tinggi dibanding asam amino dalam susu sapi.

Selain karbohidrat dan protein, air kelapa juga mengandung unsur mikro berupa mineral yang dibutuhkan tubuh. Mineral tersebut di antaranya adalah kalium (K), natrium (Na), kalsium (Ca), magnesium (Mg), ferum (Fe), cuprum (Cu), fosfor (P), dan sulfur (S).

Kalau diteliti secara lebih jauh, di dalam air kelapa juga mengandung berbagai vitamin, di antaranya vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, asam folat, biotin, riboflavin, dan lain-lain. Karena kandungan unsur makro dan mikro sebagaimana yang disebut di atas itulah yang menjadikan air kelapa memiliki fungsi untuk mencegah tumbuhnya uban di kepala.

Lalu bagaimana cara memanfaatkannya? Ambillah air kelapa hijau, kemudian campurkan dengan satu sendok teh garam. Gunakan campuran tersebut untuk mencuci rambut. Pijat-pijatlah bagian kepala, dan kemudian bilaslah hingga bersih. Lakukan hal ini dua sampai tiga kali dalam seminggu, dan rambut kepala Anda akan terbebas dari uban.

Selain cara di atas, upaya mencegah tumbuhnya uban juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi hati ayam.

Caranya, sediakan 2 potong hati ayam, 2 sendoh teh ragi kue, dan kecap secukupnya. Pangganglah hati ayam seperti sate, lalu campurkan dengan ragi kue sebanyak 2 sendok teh. Setelah itu bubuhi kecap secukupnya, dan biarkan selama seperempat jam. Kemudian makanlah.

Jika Anda rajin mengkonsumsi hati ayam sebagaimana resep di atas dua atau tiga hari sekali, maka uban akan dapat dicegah.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda