Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Kehamilan: Mengatasi Rasa Sakit saat Kontraksi

By | 17.42
Tips Kehamilan: Mengatasi Rasa Sakit saat Kontraksi

ZonaKamu - Pada waktu kontraksi terjadi dan muncul rasa sakit, Anda bisa mencoba mengatasinya dengan berbagai macam posisi yang nyaman. Selain itu, suami atau anggota keluarga lain yang mendampingi dapat memberikan semangat dan membantu menenangkan, serta meringankan rasa sakit yang Anda derita dengan memijat punggung dan pinggang belakang Anda.

Berikut ini beberapa tip yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi atau mengurangi rasa sakit pada waktu kontraksi datang.

Pada waktu kontraksi awal, bersandarlah pada sesuatu yang ada di dekat Anda, misalnya tubuh suami, dinding, atau lainnya.

Duduklah di kursi yang memiliki sandaran, namun duduklah dengan posisi terbalik—wajah Anda menghadap sandaran kursi, dan Anda duduk dengan kedua kaki mengangkang.

Letakkan kedua tangan Anda di atas sandaran kursi, lalu rebahkan kepala di atas tangan Anda di sana. Anda bisa meletakkan bantal sebagai alas kursi agar lebih empuk serta lebih nyaman. Sambil duduk seperti itu, Anda bisa meminta suami untuk memijat punggung Anda.

Cara lain mengurangi rasa sakit pada waktu kontraksi adalah dengan berlutut, dan letakkan bantal di atas lantai untuk menahan lutut Anda. Selama berlutut tersebut, Anda bisa bersandar pada kursi atau pinggir tempat tidur. Condongkan panggul Anda ke depan, kemudian kembalikan ke posisi semula.

Berlututlah dengan bertumpu pada kedua lutut dan tangan Anda. Untuk hal ini, Anda bisa melakukannya di atas matras, sehingga akan terasa lebih nyaman. Miringkan panggul ke depan dan ke belakang, dan tetap luruskan punggung Anda. Di antara dua kontraksi, santai dan berisitirahatlah dengan meletakkan kepala di atas telapak tangan Anda.

Mintalah suami untuk memijat atau mengurut bagian bawah punggung Anda dengan telapak tangannya, dalam gerakan memutar membentuk lingkaran yang mantap. Untuk menghindari lecet pada kulit, bisa taburkan bedak talk. Atau, Anda bisa pula meminta suami untuk memegangi sebuah botol berisi air panas/hangat yang ditempelkan pada bagian bawah punggung Anda.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda