Diberdayakan oleh Blogger.

Resep Alami Mengatasi Ketombe

By | 13.33
Resep Alami Mengatasi Ketombe

ZonaKamu - Ketombe atau kelelumur, biasanya ditandai dengan rasa gatal-gatal pada kulit kepala, kemudian muncul sisik-sisik kering pada kulit kepala. Hal itu disebabkan karena terjadinya radang ringan pada lapisan kulit. Karena ketombe ini, kadang-kadang rambut menjadi rontok, sehingga ada bagian kulit kepala yang juga rontok.

Untuk mengatasi ketombe, Anda bisa menyiapkan satu gelas santan kental dari kelapa yang sudah tua. Setelah itu, gunakan santan kental itu untuk menggosok dan melulur kulit yang kena ketombe. Lakukan hal ini secara teratur dan rutin sebanyak dua kali sehari.

Resep alami mengatasi kutu kepala

Kutu kepala atau yang dalam bahasa ilmiah disebut pecidu losis capitis biasanya menyerang orang yang memiliki rambut panjang, khususnya lagi orang yang berambut panjang yang kurang menjaga kebersihan rambutnya, sehingga menjadi sarang kutu.

Ketika kutu mulai menyerang, maka kulit kepala biasanya akan sering terasa gatal. Susahnya, kutu kepala biasanya berkembang biak secara cepat. Ketika hal semacam itu terjadi, tidak jarang kutu kepala ini menjadikan masalahnya tambah parah. Ketika rasa gatal di kepala digaruk, bekas garukan itu bisa meninggalkan luka yang kemudian sampai bernanah.

Untuk mengatasi masalah yang terasa sepele tapi menjengkelkan ini, Anda bisa gunakan resep berikut.

Siapkan ¼ cangkir biji srikaya, dua jari bratawali, dan 2 jari rimpang dringo. Bahan-bahan tersebut ditumbuk halus dan diremas-remas dengan minyak kelapa sebanyak 4 sendok makan dan minyak jarak sebanyak 2 sendok makan. Peras dan saringlah, lalu gunakan air saringannya untuk berkeramas.

Setelah air ramuan tadi digunakan unuk berkeramas, sebaiknya tidak langsung diguyur atau dibersihkan dengan air, tapi diamkanlah sejenak. Bungkus kepala dengan kain, lalu biarkan atau diamkan selama beberapa saat. Setelah itu, baru dibilas dengan air.

Lakukan hal ini secara teratur satu kali sehari, maka kutu-kutu kepala pun akan segera mati atau pergi.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda