Diberdayakan oleh Blogger.

Panduan Tidur Nyenyak, Lelap, dan Berkualitas

By | 19.00
Panduan Tidur Nyenyak, Lelap, dan Berkualitas

ZonaKamu - Tidur yang berkualitas adalah tidur yang tidak hanya cukup, namun juga lelap. Karena tidur sampai 8 jam namun Anda terus menerus terbangun di tengah tidur juga tidak bisa dibilang tidur berkualitas.

Tidur yang berkualitas tidak hanya baik untuk kesehatan, namun juga menunjang kecantikan kulit. Wanita perlu memperhatikan tidurnya, jika ingin merawat kecantikannya. Karena perawatan kecantikan yang tidak diimbangi tidur yang cukup juga bisa dibilang sia-sia.

Berikut ini beberapa tip yang akan membantu Anda untuk mendapatkan tidur yang lelap dan berkualitas. Anda bisa menggunakan seluruh tip yang ada di bawah ini, namun Anda juga bisa memilih beberapa yang dianggap cocok untuk diterapkan dalam kehidupan Anda sehari-hari.

Kurangi nyala lampu saat malam hari

Ketika malam tiba, rumah Anda pun terang benderang dengan cahaya lampu listrik. Bisa dibilang, lampu-lampu menyala dari bagian paling belakang sampai bagian paling depan. Cahaya lampu yang sangat terang seperti itu bisa menghambat kinerja melatonin dalam tubuh kita.

Melatonin adalah zat yang membantu kita untuk merasa mengantuk. Tubuh kita mulai memproduksi melatonin saat hari gelap, dan lampu yang terang akan membuat melatonin terhambat produksinya, karena tubuh akan menganggap hari masih siang.

Karenanya, saat malam telah mulai masuk pukul 20:00, kurangi nyala lampu di rumah. Anda mungkin bisa mulai dengan memadamkan lampu ruang tamu. Setelah itu, kurangi pula nyala lampu di ruang tengah.

Kalau misalnya lampu tengah biasa menggunakan lampu 40 watt, Anda bisa menggantinya menjadi 20 atau 10 watt menjelang pukul 21:00. Dengan begitu, tubuh pun akan memproduksi melatonin dengan baik, hingga Anda akan mulai mengantuk, dan Anda pun bisa bersiap-siap untuk tidur.

Rapikan rumah dan kamar

Sangat baik jika rumah selalu dalam keadaan rapi, sehingga Anda bisa masuk kamar tidur dengan tenang. Pakaian-pakaian bertumpuk, barang-barang yang bergeletakan di mana-mana, bisa mengganggu pikiran Anda saat akan masuk kamar, karena Anda bisa saja berpikir bahwa urusan rumah belum selesai.

Begitu pun, selalu jaga kondisi kamar tidur dalam keadaan rapi dan bersih. Singkirkan atau simpan bon-bon tagihan, kertas-kertas, majalan, dan lain-lain ke tempatnya, sehingga kamar tidur Anda tidak tampak berantakan.

Sebagaimana tubuh yang membutuhkan istirahat, pikiran Anda pun butuh istirahat. Tidur di kamar yang bersih dan rapi bisa membuat Anda lebih cepat terlelap daripada tidur sementara rumah dan kamar Anda berantakan tak karuan.

Matikan televisi 

Sebagian orang kadang suka tidur di depan televisi yang masih menyala. Karenanya, biasanya di kamar tidur mereka terdapat televisi, atau mereka yang sengaja tidur di ruang menonton televisi. Sayangnya, tidur di depan televisi kadang membuat Anda terbangun tiba-tiba.

Suara dari televisi bisa mengejutkan Anda, dan membuat Anda terbangun. Selain itu, radiasi sinar televisi yang sering berubah-ubah juga bisa mengganggu tidur, karena dapat menembus lapisan kelopak mata yang tipis. Kemudian, kadang Anda juga tidak bisa tidur karena masih penasaran dengan suatu acara yang sedang diputar di televisi.

Karena itu, jauh lebih baik jika Anda tidur setelah mematikan televisi. Agar pikiran Anda tidak terpecah antara ingin tidur dan ingin menonton televisi. Tidur tanpa televisi menyala juga bisa membuat Anda lebih nyaman selama tidur, karena tidak khawatir terbangun tiba-tiba karena khawatir belum mematikan televisi.

Kemudian, selain televisi, komputer atau peralatan elektronik lain juga sebaiknya dimatikan selama Anda tidur.

Hindari kopi dan alkohol

Saat malam tiba, sangat dianjurkan untuk tidak mengonsumsi kopi atau alkohol, setidaknya 5-6 jam sebelum tidur, jika Anda memang menginginkan bisa tidur lelap dan berkualitas. Kopi dan alkohol bisa merusak kualitas tidur Anda. Kopi bisa membuat Anda sulit tidur, sementara alkohol bisa membuat Anda terjaga di sela-sela tidur.

Selain itu, hindari pula makan berat pada malam hari, khususnya menjelang waktu tidur. Jam makan malam yang baik adalah saat Anda masih lama tidur, setidaknya 3 jam sebelum tidur. Makan berat menjelang tidur akan menekan diafragma, dan menyebabkan napas terganggu. Hal itu juga akan berpengaruh pada pembentukan hormon awet muda.

Mandi air hangat

Bisa jadi, Anda pulang kerja dalam keadaan letih dan juga merasa badan lengket oleh keringat. Jika rumah Anda jauh dari tempat kerja, tidak menutup kemungkinan Anda pun sampai rumah saat malam hari. Jika itu yang Anda alami, Anda bisa menyiapkan air hangat, dan gunakan untuk mandi. Jika di rumah ada bathtup, Anda juga bisa berendam dengan air hangat yang ditetesi minyak esensial lavender.

Mandi atau berendam air hangat tidak hanya memberi kesegaran, namun juga membantu tubuh Anda untuk lebih rileks.

Oleskan pelembap

Ini lebih khusus ditujukan untuk wanita. Setelah selesai mandi air hangat, oleskan pelembap tubuh dengan wangi yang menenangkan. Atau Anda bisa menyemprotkan sedikit parfum sebelum tidur yang bisa menenangkan pikiran.

Setelah itu, Anda bisa minum segelas teh chamomile. Jika Anda merasa lapar, Anda bisa menikmati krakers. Karbohidrat di dalamnya tak terlalu banyak, tapi cukup untuk mendorong level serotonin di otak hingga membantu Anda tertidur lebih nyenyak.

Redupkan lampu kamar

Bagaimana Anda biasanya saat tidur? Dengan lampu kamar menyala terang, gelap, atau redup? Jika Anda biasa tidur di kamar dengan lampu terang, sebaiknya redupkan lampunya.

Lampu terang bisa membuat Anda sulit tidur, karena menghambat produksi melatonin. Sementara lampu redup tidak hanya membantu produksi melatonin, namun juga membuat Anda lebih merasa nyaman. Selain itu, Anda juga bisa menyalakan aromaterapi, yang dapat membantu Anda lebih rileks.

Fokuslah pada tidur

Setelah mengunci semua pintu rumah, dan memadamkan semua lampu, juga setelah membersihkan tubuh, Anda pun bisa masuk kamar tidur dan mulai membaringkan diri. Saat telah bersiap tidur, sebaiknya fokuskan pikiran hanya pada urusan tidur.

Hindari memikirkan hal-hal tidak penting yang hanya akan membuat Anda sulit tidur. Biarkan pikiran Anda rileks, agar tubuh juga ikut rileks. Pikiran dan tubuh yang rileks adalah syarat untuk cepat tertidur lelap.

Biasakan tepat waktu

Tidur yang baik adalah tidur yang dimulai pada waktu yang sama, dan bangun pada waktu yang juga sama. Tubuh manusia menyukai konsistensi.

Karenanya, jika Anda terbiasa tidur pada pukul 21:00 dan bangun pukul 05:00, misalnya, tubuh Anda pun akan terbiasa dengan hal itu, dan setiap malam Anda pasti mengantuk saat datang pukul 21:00, sebagaimana Anda akan bangun dengan mudah saat pukul 05:00 seperti biasa.

Karena itu pula, hindari waktu tidur yang berubah-ubah, karena dapat merusak siklus tubuh Anda yang semula telah memiliki kebiasaan baik. Jika sewaktu-waktu Anda membutuhkan tambahan waktu sehingga tidur lebih larut, toleransi sebaiknya tidak lebih dari 1 jam.

Dalam hal tidur yang teratur, olah raga yang teratur bisa ikut membantu. Karenanya, Anda juga bisa membiasakan diri untuk berolah raga secara teratur, pada pagi atau sore hari.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda