Panduan Seputar Pemakaian Stagen Seusai Melahirkan

ZonaKamu - Seusai melahirkan, Anda pasti ingin tubuh kembali langsing seperti sebelum hamil. Untuk tujuan itulah kemudian banyak cara yang dilakukan wanita paska melahirkan, seperti misalnya memakai stagen atau gurita.

Sejak zaman dulu, bahkan sampai sekarang, banyak wanita yang memakai stagen setelah melahirkan. Tujuannya satu, yaitu agar perut kembali kencang dan langsing. Namun, apakah hal tersebut dibenarkan?

Pada dasarnya, dunia kedokteran tidak menganjurkan setiap pasien bersalin untuk memakai stagen. Stagen tidak memberikan efek positif dalam mengecilkan atau mengencangkan perut karena sifatnya yang pasif. Pada saat memakai stagen, perut Anda memang terasa kencang, namun setelah stagen dilepas, perut akan kembali kendur seperti semula.

Selain stagen, ada pula yang disebut gurita. Dibanding stagen, pemakaian gurita lebih dibolehkan, karena gurita tidak membalut atau membebat perut pemakainya terlalu kencang sebagaimana stagen.

Karenanya, lebih disarankan untuk memakai gurita daripada stagen. Anda yang kebetulan melahirkan melalui proses operasi, dan jahitan operasi berada di tengah perut, dibolehkan memakai gurita daripada stagen.

Namun hati-hati, pemakaian gurita dibolehkan, paling tidak satu minggu setelah persalinan. Tujuannya untuk memberi waktu agar jahitan bekas operasi sudah lebih mengering.

Apabila jahitan masih baru atau basah, penggunaan gurita apalagi stagen tidak dianjurkan karena akan memberikan efek yang negatif. Jahitan bisa terbuka kembali, atau bahkan bernanah.

Sewaktu hamil, otot-otot tubuh Anda menjadi kendur, khususnya otot dinding perut dan dasar panggul. Karenanya, jalan paling baik dan sehat untuk mengencangkannya kembali adalah dengan senam atau berolahraga. Untuk mengencangkan kembali otot dinding perut, Anda dapat melakukan latihan seperti sit up dan jogging, tapi jangan mengangkat beban yang berat.

Untuk otot dasar panggul, Anda bisa mengencangkannya dengan latihan senam kegel. Senam kegel adalah senam untuk memperkuat otot-otot dasar panggul dan saluran kemih.

Selain itu ada pula yang disebut senam nifas, yang dilakukan pada saat nifas atau setelah melahirkan, dengan menekankan pada latihan pernapasan dan perut. Senam ini jauh lebih bermanfaat dalam mengembalikan kekencangan perut Anda setelah melahirkan, dengan cara yang sehat pula dan tentu saja tidak menyiksa.