Panduan Penting Mempersiapkan Persalinan

ZonaKamu - Meski usia kehamilan dapat dihitung dan waktu kelahiran bisa diperkirakan, namun kita tidak bisa yakin kapan persalinan akan terjadi. Karenanya, agar persalinan dapat berjalan dengan lancar, akan lebih baik jika Anda sudah mempersiapkan segala kebutuhan untuk hal itu jauh-jauh hari sebelumnya. Agar ketika waktu persalinan itu tiba, Anda tidak panik, gugup, atau bingung.

Berikut ini panduan seputar mempersiapkan persalinan:

Perencanaan dan persiapan persalinan meliputi pemilihan tempat bersalin, tenaga kesehatan terlatih, cara menghubungi tenaga kesehatan tersebut, transportasi yang dapat digunakan menuju tempat bersalin, siapa saja yang akan menemani persalinan, biaya yang dibutuhkan, serta hal-hal lain yang terkait.

Persiapkan barang-barang yang diperlukan untuk persalinan, berupa pakaian untuk bayi dan perlengkapan melahirkan, seperti pembalut wanita, kain, handuk, waslap, alat mandi, pakaian dengan bukaan di depan, gurita ibu, gurita bayi, pakaian bayi, dot, dan sebagainya.

Buatlah dan putuskan orang yang akan menjadi pengambil keputusan jika terjadi masalah gawat darurat—apabila si pembuat keputusan utama tidak ada.