Diberdayakan oleh Blogger.

Panduan Mengatasi Kebiasaan Mendengkur

By | 15.30
Panduan Mengatasi Kebiasaan Mendengkur

ZonaKamu - Bisa jadi, Anda punya kebiasaan mendengkur saat tidur. Bisa jadi pula, pasangan Anda merasa terganggu dengan dengkuran Anda setiap malam. Akhirnya, bisa jadi, Anda juga merasa tidak enak atas hal itu.

Meski Anda tidak sengaja atau bermaksud mengganggu, tapi suara dengkuran—apalagi yang keras—kenyataannya memang bisa mengganggu orang lain, khususnya yang tidur bersama Anda.

Berkaitan dengan hal tersebut, berikut ini beberapa tip yang bisa Anda perhatikan jika Anda merasa perlu mengatasi kebiasaan mendengkur selama tidur.

Hindari rokok

Apakah Anda biasa merokok setiap hari? Jika ya, Anda perlu tahu bahwa asap rokok membuat jaringan tenggorokan maupun hidung kerap mengalami iritasi, hingga bengkak dan menyumbat aliran udara.

Hal itu bisa menjadikan Anda mendengkur saat tidur. Karenanya, jika Anda termasuk perokok aktif, Anda bisa mengurangi, atau—kalau bisa—meninggalkan kebiasaan merokok.

Jaga berat badan

Salah satu penyebab yang paling banyak menjadikan orang mendengkur saat tidur adalah berat badan berlebih. Meski orang-orang bertubuh kurus juga kadang mendengkur saat tidur, tapi orang gemuk mendengkur tiga kali lebih sering dibandingkan mereka yang tidak gemuk. Jika ini penyebab Anda mendengkur, maka solusinya tentu dengan menjaga berat badan.

Hindari makan sebelum tidur

Tentu saja Anda tetap boleh makan malam. Namun, usahakan agar jarak makan malam Anda cukup lama dengan waktu tidur. Makan malam yang terlalu dekat dengan waktu tidur akan menjadikan pencernaan Anda masih sibuk mencerna makanan saat Anda mulai tidur.

Begitu pula, saat kebetulan terjaga dari tidur, sebaiknya hindari mengonsumsi camilan apa pun.

Bersihkan lubang hidung

Ada kalanya, orang mendengkur saat tidur karena lubang hidungnya tersumbat, umumnya karena kebetulan sedang flu. Jika itu yang membuat Anda mendengkur, Anda bisa mengatasinya dengan membersihkan hidung, misal dengan menggunakan pelega pernapasan atau obat semprot hidung yang tersedia di apotek.

Jika Anda menggunakan obat semacam itu, sangat dianjurkan untuk membaca aturan pakai, agar tidak menggunakannya secara berlebihan.

Hindari alkohol

Meminum alkohol, apalagi saat Anda menjelang tidur, dapat menyebabkan otot-otot pada jalan napas menjadi terlalu santai atau lentur. Hasilnya, Anda akan mudah mendengkur. Begitu pula pemakaian obat-obat penenang atau obat tidur.

Hindari tidur telentang

Umumnya, orang mendengkur ketika tidur dalam posisi telentang. Sangat jarang orang mendengkur saat tidur dalam posisi menyamping. Kenyataannya, tidur menyamping mencegah lidah dan daging yang menggantung dari langit-langit mulut untuk jatuh menutup jalan napas.

Karena itulah orang jarang mendengkur saat tidur menyamping. Karena itu pula, kalau Anda terbiasa tidur telentang, cobalah untuk tidur dalam posisi menyamping.

Naikkan posisi kepala dan pundak

Tidur dengan posisi bagian atas lebih tinggi daripada bagian bawah dapat membantu mencegah dengkur, karena posisi itu mencegah lidah menutup jalan napas. Meski begitu, jangan mengganjal kepala Anda dengan tumpukan bantal, karena hal itu akan membuat Anda pegal, dan menjadikan tenggorokan Anda tertekuk, sehingga keadaan bisa lebih buruk.

Sebagai gantinya, naikkan saja bagian atas tempat tidur Anda. Caranya, letakkan batu bata pada kaki tempat tidur bagian atas (bagian kepala), sehingga posisi tempat tidur bagian atas naik sekitar 10-13 centimeter.

Coba pakai penahan leher

Alat penahan leher (whiplash collar) adalah sarana yang digunakan orang ketika menderita cedera bagian leher. Anda bisa memanfaatkan alat tersebut sebagai upaya untuk menghindari dengkur. Alat tersebut akan membuat dagu Anda tetap terangkat, sehingga leher Anda tidak pegal, sementara tenggorokan tetap terbuka.

Agar leher Anda tidak kaku pada pagi hari, gunakan alat penahan yang terbuat dari busa, bukan dari plastik. Whiplash collar dari busa terasa empuk, dan tidak membuat leher Anda terlalu tertarik. Namun, jika Anda merasa pegal ketika bangun tidur, regangkan otot-otot leher Anda pelan-pelan, pijat dengan lembut, kemudian mandilah dengan air hangat.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda