Fakta-fakta Unik dan Mencengangkan Seputar Metallica

ZonaKamu - Lupakan perseteruan panjang Dave Mustaine, vokalis dan gitaris Megadeth, dengan bekas bandnya, Metallica. Dave dan beberapa sejawat lama di Metallica telah mengubur `kapak peperangan` mereka sejak 2010. Ketika itu mereka sepanggung dalam konser The Big Four (Anthrax, Megadeth, Metallica, dan Slayer) di Sofia, Bulgaria, membawakan lagu Am I Evil? milik Diamond Head, band idola mereka.

Dalam konser ulang tahun Metallica yang ke-30 di San Francisco, Amerika Serikat pada 2011, Dave yang mewakili Megadeth dan para personel Metallica `secara resmi` menguatkan pertemanan mereka. Saat itu, Dave ikut tampil sepanggung dengan Metallica, membawakan lima lagu dari album debut Metallica, Kill `Em All. Dave pun sempat menulis sebagian lagu-lagunya.

Dave Mustaine, yang juga personil awal Metallica, didepak dari band pengusung heavy metal dan thrash metal itu pada 1983. Hal itu gara-gara ketergantungan Dave terhadap obat-obatan dan alkohol yang sudah parah. Selain itu, Dave kurang klop dengan dua dedengkot utama Metallica, James Hetfield dan Lars Ulrich.

Posisi Dave kemudian digantikan Kirk Hammett. Sedangkan Dave membentuk band sendiri bernama Megadeth pada 1983, yang juga tergolong sukses. Hanya saja, konflik antara Dave dengan Metallica sempat menjadi salah satu perselisihan terkenal dalam kancah musik metal selama hampir tiga dekade, sejak 1980-an hingga 2000-an.

Berikut gambaran singkat dua band tersebut:

Metallica

Metallica didirikan pertama kali di Los Angeles, Amerika Serikat, dengan nama The Young of Metal Attack. Beberapa bulan kemudian, grup ini berganti nama dengan Metallica.

Formasi pertama Metallica adalah Lars Ulrich (drum), James Hetfield (vokal dan gitar), Lloyd Grant (gitar), dan Ron Mc Govney (bass). Formasi inilah yang kemudian melahirkan lagu pertama berjudul Hit The Light, yang kemudian masuk album kompilasi rock Metal Massacre pada 1981.

Setelah Metal Massacre beredar, Grant dan Ron mengundurkan diri. Posisi Grant digantikan Dave Mustaine, dan posisi Ron diisi Cliff Burton. Formasi ini mengeluarkan demo-album No Life Till Leather pada Juli 1982. Demo inilah yang mengantarkan Metallica mendapatkan agen, dan kemudian hijrah ke New York.

Pada 1983, Metallica berencana melakukan tur pendek ke beberapa kota. Sayang, James Hetfield dan Dave Mustaine malah terlibat perseteruan, hingga akhirnya Dave keluar dan kemudian mendirikan Megadeth. Posisi Mustaine digantikan oleh Kirk Hammett, gitaris dari grup Exodus. Formasi ketiga ini mengeluarkan album Kill `Em All pada Mei 1983.

Metallica termasuk band heavy metal dan thrash metal paling berpengaruh dan sukses secara komersial dalam catatan sejarah. Hingga saat ini, album Metallica telah terjual 110 juta kopi di seluruh dunia, dan konser-konser yang digelar Metallica pun sukses memukau jutaan penggemar mereka di seluruh dunia.

Metallica telah mencetak hampir selusin album multi-platinum, termasuk album Black yang merupakan album terlaris sepanjang sejarah SoundScan, terjual hampir 16 juta kopi di Amerika Serikat dan 30 juta kopi di seluruh dunia. Sementara pada Oktober 2008, album terakhir mereka, Death Magnetic, menjadi nomor satu di Billboard Top 200 Album Chart.

Megadeth

Megadeth adalah band pengusung thrash metal, heavy metal, hard rock, speed metal, dari Los Angeles, California, Amerika Serikat, yang dibentuk oleh Dave Mustaine dan David Ellefson pada 1983. Hingga kini, Megadeth telah merilis 13 album studio, 4 album live, 9 album video, 2 EP, 34 single, 32 video musik, dan 5 album kompilasi.

Sejak terbentuk pada 1983, setidaknya Megadeth sudah belasan kali gonta-ganti personel. Formasi terakhir adalah Dave Mustaine (vokal dan gitar), Chris Broderick (gitar), David Ellefson (bass), dan Shawn Drover (drums).

Megadeth sempat bubar pada 2002, karena Dave Mustaine mengalami cedera otot. Namun mereka kembali bersatu pada 2004. Sebagai salah satu pelopor thrash metal Amerika, Megadeth menjulang tenar pada 1980-an, tapi mengalami banyak perubahan line-up.

Megadeth dikenal dengan gaya instrumental khas, sering kali padat, bagian-bagian yang rumit, dan trade off guitar solo. Dave Mustaine juga terkenal dengan gaya vokal `menggeram`.

Megadeth memiliki maskot yang selalu tampil dalam berbagai album mereka. Nama maskot Megadeth adalah Vic Rattlehead. Tampil dengan sosok manusia kera yang memakai daster, merokok, dan memakai headset. Dan, secara umum, lirik lagu Megadeth bertemakan politik, perang, kecanduan, hubungan pribadi, dan gaib.

Megadeth merupakan salah satu dari The Big 4 bersama Anthrax, Megadeth, Metallica, dan Slayer. Namun ada pula yang berpendapat bukan lagi The Big 4, melainkan The Big 5, yakni Megadeth, Slayer, Exodus, Pantera, dan Metallica.

Band-band cadas itulah yang bertanggung jawab membuat, mengembangkan, dan mempopulerkan genre thrash metal di seluruh dunia.

Kedua band legendaris tersebut sama-sama pernah menggelar konser di Indonesia. Metallica menggelar konser di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta. Sedangkan konser perdana mereka selama dua hari di Jakarta pada April 1993, diwarnai kerusuhan.

Megadeth telah dua kali menggelar konser di Indonesia. Pertama pada 31 Juli 2001 di Stadion Teladan, Kota Medan, Sumatra Utara, sedangkan penampilan kedua di Tennis Outdoor Senayan, Jakarta, 25 Oktober 2007.

Sulit memang, menentukan band yang paling cadas dan garang di antara Metallica dan Megadeth. Selain sama-sama masuk The Big 4, kedua band cadas ini masing-masing mempunyai para penggemar yang terkenal fanatik. Namun, menurut kamu, manakah yang paling cadas?