Menguji Ketangguhan Mobil dengan Cara Menabrakkannya

ZonaKamu - Bagaimana menguji kekuatan atau ketangguhan sebuah mobil, ketika baru dirancang dan dibuat? Untuk hal-hal yang bersifat ketangguhan fisik atau bodi mobil, ada uji coba yang disebut NCAP, yaitu uji ketangguhan mobil dengan cara menabrakkannya, untuk melihat sekuat dan setangguh apa mobil tersebut jika mengalami benturan atau kecelakaan.

NCAP (New Car Assessment Programme) adalah program uji coba mobil yang dilakukan dengan cara tes tabrak. Mobil akan ditabrakkan dengan kecepatan tertentu dari depan dan samping. Hasilnya akan dikuantifikasi dengan poin tertentu. Standar NCAP ini berbeda di setiap wilayah.

Di Asia Tenggara, ada ASEAN NCAP, sementara Eropa menerapkan Euro NCAP. Standar tiap NCAP berbeda-beda. Jadi bisa saja satu mobil memperoleh nilai baik di region NCAP tertentu, tapi dapat nilai kurang memuaskan di region NCAP lain.

Namun perlu dicatat, NCAP ini tidak berlaku sebagai syarat untuk mobil bisa dijual di negara tertentu. Ia hanya dipakai sebagai referensi bagi konsumen agar bisa memilih mobil yang aman.