Diberdayakan oleh Blogger.

Manfaat Tidur Lebih Awal yang Perlu Anda Tahu

By | 15.32
Manfaat Tidur Lebih Awal yang Perlu Anda Tahu

ZonaKamu - Jika Anda tidur pukul 22:00 dan bangun pukul 06:00, Anda telah tidur selama 8 jam. Begitu pula kalau Anda tidur pukul 21:00 dan bangun pukul 05:00, Anda juga telah tidur selama 8 jam. Sama-sama 8 jam, tetapi tidur lebih awal jauh lebih baik, daripada tidur lebih larut, meski durasi tidurnya sama.

Dalam contoh di atas, tidur pukul 21:00 dan bangun pukul 05:00 lebih baik daripada tidur pukul 22:00 dan bangun pukul 06:00. Yang lebih negatif, tidur terlalu larut, kemudian bangun sebelum waktu tidur tercukupi.

Saat ini, dengan berbagai kesibukan yang ada, dan gaya hidup modern yang semakin kompleks, banyak orang—termasuk remaja—yang lebih suka tidur larut malam, meski untuk itu mereka harus kekurangan tidur karena besok harus bangun pagi. Padahal, menurut studi yang dilakukan tim dari Columbia University Medical Center, kurang tidur pada remaja memicu depresi dan pikiran untuk bunuh diri.

James Gangwisch, yang terlibat dalam penelitian tersebut, menyatakan, “Hasil studi kami sejalan dengan teori bahwa tidur yang tak memadai adalah faktor risiko bagi depresi. Karena itu, tidur berkualitas yang cukup dapat menjadi langkah pencegahan terhadap depresi dan pengobatan bagi depresi.”

Dalam studi tersebut, para peneliti memantau kebiasaan tidur 15.659 siswa dan mahasiswa. Hasilnya, para peneliti mendapati bahwa mereka yang secara rutin tidur setelah tengah malam menghadapi risiko 24 persen lebih tinggi untuk terserang depresi, dibandingkan mereka yang siap tidur sebelum pukul 22.00.

Orang yang suka tidur larut malam juga menghadapi risiko 20 persen lebih tinggi dalam menghadapi pikiran untuk bunuh diri.

American Academy of Sleep Medicine menyarankan, remaja sebaiknya tidur setidaknya 9 jam atau lebih setiap malam. Mereka yang naik ke tempat tidur sebelum pukul 22.00 menyatakan dapat tidur rata-rata sekitar 8 jam 10 menit.

Namun, jumlah jam tidur itu menurun tajam bagi mereka yang naik ke tempat tidur setelah tengah malam. Sementara remaja yang tidur 5 jam atau kurang setiap malam menghadapi 71 persen kemungkinan untuk terserang depresi, dan 48 persen lebih besar untuk melakukan bunuh diri.

Tidur lebih awal tidak hanya memberi manfaat bagi remaja, namun juga bagi orang dewasa. Sayangnya, banyak orang yang lebih suka mengorbankan waktu tidur karena keasyikan menonton televisi, berselancar di internet, atau berinteraksi di sosial media. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari tidur lebih awal.

Mengurangi stres

Selama seharian kita bekerja dan beraktivitas, melakukan dan mengerjakan banyak hal, memikirkan banyak hal, tentu saja kita akan lelah. Meski mungkin kita tidak merasakan kelelahan tersebut, tapi kelelahan itu telah terakumulasi dalam tubuh kita.

Jika tubuh tidak mendapat istirahat yang cukup, padahal kelelahan telah menumpuk, hasilnya kita mudah stres. Tidur lebih awal memberi kesempatan tubuh untuk beristirahat, sebelum terlalu kelelahan.

Menjaga pikiran tetap positif

Dengan tidur lebih awal, Anda juga bisa bangun tidur lebih awal tanpa kekurangan waktu tidur. Dengan bangun lebih awal, Anda memiliki waktu lebih banyak selama seharian, sehingga Anda bisa mengerjakan lebih banyak hal. Selain itu, bangun lebih awal membuat pikiran Anda lebih segar daripada bangun kesiangan.

Sebagai ilustrasi, jika Anda bangun pukul 06:00, misalnya, Anda hanya punya waktu 1-2 jam untuk siap-siap pergi bekerja. Tetapi, kalau Anda bangun pukul 05:00 atau 04:00, Anda masih memiliki waktu cukup lama sebelum berangkat kerja.

Waktu yang ada bisa digunakan untuk banyak hal, dan Anda pun bisa berangkat kerja dengan tenang. Sebaliknya, jika Anda tidur larut malam, kemudian bangun terlambat, bisa jadi Anda akan selalu buru-buru di pagi hari agar tidak terlambat masuk kantor.

Wajah terlihat segar

Tidak hanya pikiran yang lebih segar, wajah pun akan terlihat lebih segar jika Anda membiasakan diri tidur lebih awal, dan bangun lebih awal.

Tidur lebih awal juga dapat meningkatkan stamina tubuh yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit. Saat tidur lebih awal, Anda istirahat sebelum terlalu kelelahan. Saat bangun tidur lebih awal, Anda juga dapat menikmati udara yang masih sangat bersih.

Mempertahankan tekanan darah

Kebiasaan tidur larut malam dapat menyebabkan tekanan darah naik atau hipertensi, sementara tidur lebih awal adalah cara yang efektif untuk dapat mempertahankan tekanan darah.

Menjaga jantung tetap sehat

Tidur lebih awal dapat menjaga kolesterol normal dan tekanan darah stabil, sehingga dapat mencegah risiko penyakit jantung.

Meningkatkan energi

Tidur lebih awal memungkinkan Anda untuk mendapatkan tidur yang tidak hanya cukup, namun juga berkualitas. Hal itu akan membantu metabolisme tubuh Anda dalam kondisi optimal, dan mempengaruhi meningkatnya energi sehingga keesokan harinya Anda lebih bertenaga dan lebih segar.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda