Diberdayakan oleh Blogger.

Aneka Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan (Bagian 3)

By | 11.28
Aneka Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan

ZonaKamu - Artikel ini lanjutan artikel sebelumnya (Aneka Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan - Bagian 2). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik, sebaiknya bacalah artikel sebelumnya terlebih dulu.

Menyehatkan mata

Mengonsumsi satu cangkir irisan mangga dapat memasok 25 persen vitamin A dari asupan harian yang dibutuhkan. Vitamin A mampu menjaga kesehatan mata, menjauhkan masalah seperti rabun senja, juga mengatasi mata yang kering.

Mencegah asma

Mengonsumsi mangga dapat menurunkan risiko asma lebih rendah. Hal itu dimungkinkan, karena kandungan nutrisi yang terkandung di dalam mangga, khususnya betakaroten.

Menjaga kesehatan memori

Mangga mengandung zat glutamin, yang merupakan senyawa yang bermanfaat dalam menjaga dan meningkatkan memori (ingatan).

Melembapkan rambut

Kandungan vitamin A dalam buah mangga sangat baik dalam menjaga kelembapan rambut. Vitamin A membantu dalam produksi sebum alami yang melembapkan rambut, juga diperlukan untuk pertumbuhan semua jaringan tubuh, termasuk kulit dan rambut.

Mengatasi jerawat

Untuk mengatasi jerawat, Anda bisa memanfaatkan mangga yang masih mentah. Caranya, mangga yang masih mentah dipotong-potong, lalu direbus. Tunggu sampai mendidih, lalu dinginkan. Gunakan air rebusan itu untuk membasuh wajah, lalu bersihkan dengan air biasa (air bersih).

Mengatasi kulit terbakar

Kulit yang terbakar matahari bisa diatasi dengan buah mangga. Caranya, ambil buah mangga, kemudian dipotong-potong. Oleskan potongan mangga pada kulit yang terbakar, lalu oleskan krim susu di atasnya. Diamkan sebentar, sekitar 5-15 menit, setelah itu dicuci bersih dengan air dingin.

Mengatasi bintik hitam pada wajah

Untuk mengatasi bintik hitam pada wajah, gunakan kulit mangga. Caranya, keringkan kulit buah mangga, lalu hancurkan hingga menjadi bubuk. Campurkan bubuk tersebut dengan yoghurt, dan aplikasikan pada wajah yang terdapat noda hitam.

Mengatasi radang kulit

Kulit buah mangga juga memiliki manfaat dalam kesehatan, di antaranya untuk mengatasi radang kulit. Caranya, siapkan 150 gram kulit buah mangga, direbus dengan air secukupnya, dan tunggu sampai mendidih. Dalam kondisi hangat, gunakan air rebusan itu untuk mencuci bagian kulit yang mengalami sakit atau peradangan. Ramuan ini juga bisa digunakan untuk mengatasi penyakit eksim.

Mengatasi influenza

Bagaimana biasanya Anda mengatasi flu yang menyerang? Jika ingin pengobatan yang alami, Anda bisa menggunakan buah mangga. Caranya, siapkan 200 gram daging buah mangga, ditambah 10 gram jahe, dan 2 batang daun bawang putih. Semua direbus dengan 500 cc air, biarkan mendidih, hingga tersisa 250 cc. Kemudian airnya disaring, dan diminum selagi hangat.

Aneka manfaat lain

Selain manfaat-manfaat yang telah disebut di atas, buah mangga masih memiliki aneka manfaat lain, khususnya dalam hal kesehatan, dan berikut ini di antaranya:

Mangga mengandung prebiotik serat makanan. Tingkat tinggi serat, pektin, dan vitamin C, membantu menurunkan kadar kolesterol jahat.

Rutin mengonsumsi mangga dapat membantu membersihkan kulit, menghilangkan jerawat, dan membersihkan pori-pori tersumbat.

Kandungan vitamin E yang tinggi dalam buah mangga dapat membantu mengatur hormon seks dan meningkatkan libido.

Mangga membantu mengontrol tingkat homocystiene dalam darah. Homocystiene adalah zat berbahaya dalam pembuluh darah yang mengakibatkan stroke. Selain itu, mangga merupakan sumber yang sangat kaya kalium, yakni komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Mangga merupakan sumber vitamin B6 (pyridoxine), vitamin C, dan vitamin E. Vitamin C membantu tubuh menjadi resisten (kuat) terhadap agen infeksi, dan membuang zat radikal bebas berbahaya.

Catatan:

Meski mangga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan, namun ada hal yang perlu diperhatikan.

Mangga memiliki kandungan potasium yang berlimpah, dan hal itu bisa berbahaya bagi orang yang mengalami gangguan ginjal, atau yang ginjalnya tidak berfungsi dengan baik. Bila ginjal tidak mampu mengeluarkan kelebihan kalium dari darah, bisa berakibat fatal. Selain itu, orang yang mengalami alergi lateks juga mungkin akan memiliki reaksi silang terhadap mangga.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda