Diberdayakan oleh Blogger.

Perlu Tahu, Ini Makanan-makanan yang Sulit Dicerna

By | 13.38
Perlu Tahu, Ini Makanan-makanan yang Sulit Dicerna

ZonaKamu - Setelah dimasukkan ke mulut dan dikunyah, makanan yang kita konsumsi akan dicerna oleh pencernaan, untuk kemudian diubah menjadi energi dan disalurkan ke organ-organ tubuh yang membutuhkannya. Dalam proses itu, makanan yang baik adalah makanan yang mudah dicerna, agar proses dan kerja pencernaan tidak terlalu berat.

Sayangnya, di sekeliling kita terdapat makanan-makanan yang sulit dicerna, sehingga memberatkan kerja pencernaan, bahkan berpotensi membahayakan sistem pencernaan dan jantung kita.

Berikut ini beberapa makanan di sekeliling kita yang perlu diwaspadai, karena termasuk makanan-makanan yang sulit dicerna. Meski beberapa jenis makanan berikut ini termasuk makanan sehat, namun sebaiknya dikonsumsi dalam batas wajar atau tidak berlebihan.

Makanan yang digoreng kering

Makanan yang digoreng kering sering terasa enak, sayangnya tidak terlalu baik untuk pencernaan kita. Makanan semacam itu biasanya susah dicerna oleh tubuh, karena menyerap banyak minyak yang juga tidak baik untuk kesehatan.

Makanan pedas

Makanan pedas dihasilkan oleh cabai. Cabai rawit ataupun cabai merah sebenarnya mengandung antioksidan yang baik untuk tubuh. Namun, jika lambung Anda lemah, sebaiknya hindari makanan pedas agar kesehatan pencernaan Anda tidak terganggu.

Sayuran yang berdaun

Sayuran sebenarnya golongan makanan sehat yang baik untuk kesehatan tubuh. Namun, sayuran seperti kubis, brokoli, atau lobak, merupakan jenis sayuran yang “berat” untuk dicerna. Karenanya, jika memungkinkan, sebaiknya jangan terlalu sering mengonsumsi sayuran tersebut untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Kacang-kacangan

Sama seperti sayuran, kacang-kacangan juga termasuk makanan yang baik dan menyehatkan. Namun, kacang-kacangan juga dinilai sebagai makanan yang sulit dicerna. Dalam istilah ilmiah, kacang-kacangan semacam itu disebut oligosakarida (oligosaccharide).

Jus jeruk

Jika perut Anda belum memakan makanan lain, sebaiknya jangan minum jus jeruk. Meskipun dalam bentuk cair, jus jeruk bisa menyebabkan kesulitan pada sistem pencernaan, kalau dikonsumsi sebelum ada makanan lain.

Biji-bijian

Biji-bijian yang dimaksud di sini adalah biji pada cabai atau tomat yang sering kali tidak tercerna, namun langsung dikeluarkan bersama tinja dalam bentuk yang tidak berbeda dengan sebelum biji tersebut dimakan.

Intoleransi laktosa

Intoleransi laktosa adalah keadaan ketika seseorang mengalami kesulitan untuk mencerna kandungan gula kompleks yang terdapat pada susu atau produk olahan susu lainnya. Jika Anda mengalami intoleransi laktosa, sebaiknya hindari susu dan produk olahan susu.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda