Makanan-makanan untuk Melawan Asam Urat

ZonaKamu - Asam urat adalah senyawa heterosiklik yang terdiri dari karbon, nitrogen, oksigen, dan hidrogen. Secara sederhana, asam urat bisa dibilang sebagai limbah makanan, yang dikeluarkan saat tubuh memecah zat yang disebut purin.

Purin terdapat dalam beberapa makanan seperti hati, kacang-kacangan, bir, dan lain-lain. Limbah tersebut kemudian terlarut dalam darah dan mengalir ke ginjal, lalu dibuang keluar dari tubuh dalam bentuk urin.

Sebenarnya, asam urat tidak berbahaya. Namun, jika kemudian terakumulasi dalam tubuh dapat menyebabkan hyperuricemia, yaitu kondisi ketika asam urat tidak disekresikan keluar dari tubuh. Jika asam urat menumpuk dalam tubuh, hal itu akan terakumulasi dalam sendi, terutama kaki dan jari kaki, yang kemudian membentuk kristal dan secara bertahap mengarah ke asam urat.

Ada banyak cara mengurangi asam urat dalam tubuh. Salah satunya dengan memasukkan makanan sehat dalam menu harian yang kita konsumsi. Karenanya, jika Anda kebetulan menderita asam urat, Anda harus memilih makanan-makanan yang rendah purin sebagai asupan harian, untuk menurunkan kadar asam urat. Berikut ini beberapa makanan yang bisa diingat.

Makanan kaya vitamin C

Makanan kaya vitamin C, semisal jeruk, dapat mengurangi asam urat dalam tubuh, dan melarutkannya dalam darah dengan mudah.

Ceri

Ceri memiliki sifat antiinflamasi yang disebut anthocyanin, yang baik dalam mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

Produk susu rendah lemak

Produk susu rendah lemak, seperti susu atau yoghurt, dapat mengurangi kadar asam urat dalam tubuh secara alami.

Jeruk nipis

Jeruk nipis mampu melarutkan kristal asam urat dan membersihkan tubuh. Untuk membuang racun dari tubuh, Anda dapat menyeduh perasan jeruk nipis dengan air hangat.

Cuka sari apel

Mengonsumsi tiga sendok teh cuka sari apel yang dicampur segelas air bisa membantu melawan asam urat. Minumlah dua sampai tiga kali setiap hari.

Kacang pinto

Kacang pinto mengandung asam folat yang dapat membantu menurunkan asam urat secara alami. Selain kacang pinto, biji bunga matahari juga bisa disertakan dalam menu harian Anda, karena juga kaya asam folat.

Air

Minum banyak air adalah cara yang mudah dan sederhana untuk melawan asam urat. Air dapat mengeluarkan racun dari tubuh, termasuk asam urat.

Buah beri

Buah-buahan segar, terutama stroberi dan bluberi, dapat membantu mengurangi asam urat dan meningkatkan pengobatan asam urat.