Diberdayakan oleh Blogger.

Makanan-makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Perokok

By | 18.59
Makanan-makanan Sehat yang Perlu Dikonsumsi Perokok

ZonaKamu - Jika Anda termasuk perokok dan merasa kesulitan menghentikan kebiasaan merokok, maka Anda perlu memperhatikan kesehatan dengan lebih baik, karena perokok diketahui memiliki risiko kesehatan yang lebih tinggi dibanding yang bukan perokok.

Upaya menjaga dan memperhatikan kesehatan bisa dilakukan dengan mengonsumsi makanan-makanan dengan gizi serta nutrisi yang cukup, rajin berolahraga, dan rutin memeriksakan kesehatan.

Selain itu, dalam upaya menjaga kesehatan selalu dalam kondisi baik, Anda juga perlu mengonsumsi makanan-makanan sehat yang dapat membantu mengurangi zat-zat buruk dari nikotin yang terdapat pada rokok. Berikut ini di antaranya.

Brokoli

Brokoli mengandung banyak vitamin yang sangat berguna untuk para perokok. Sayuran berdaun hijau ini merupakan sumber makanan yang kaya vitamin C dan B5. Selain itu, brokoli juga mengandung anti-inflamasi dan antioksidan kuat yang disebut glucosinolates, yang sangat berguna dalam membunuh sel kanker.

Kebiasaan merokok sangat mengurangi vitamin C dalam tubuh. Karenanya, jika Anda merokok terlalu banyak, bibir akan kering dan pecah-pecah seperti umumnya orang yang kekurangan vitamin C. Dengan mengonsumsi brokoli yang kaya vitamin C, Anda bisa mengurangi kadar nikotin dalam tubuh Anda.

Jeruk

Tidak jauh berbeda dengan brokoli, jeruk juga mengandung vitamin C yang sangat besar. Selain itu, rasa asam pada jeruk ternyata juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh, sementara rasa manis pada jeruk berfungsi sama seperti gula yang bisa menjadi sumber tenaga dan menghilangkan stres sehari-hari.

Jika Anda tika suka makan buah, konsumsilah jus atau es jeruk natural. Gantilah es teh manis yang biasa Anda minum dengan es jeruk. Selain lebih menyegarkan, es jeruk lebih sehat bagi para perokok.

Wortel

Wortel lebih dikenal sebagai sayuran yang membantu kesehatan mata. Namun, selain itu, wortel juga berguna untuk para perokok, karena mengandung vitamin A dan C, serta beberapa zat gizi lainnya.

Rokok dikenal sebagai salah satu penyebab kanker paru-paru, juga memberi dampak buruk pada sel-sel kulit sehingga menjadikan kulit tampak kusam dan menua. Wortel mengandung betakaroten dan kandungan falcarinol yang dapat mencegah timbulnya kanker, terutama kanker paru-paru. Selain itu, wortel juga memiliki kandungan yang sangat baik untuk kulit.

Karenanya, para perokok perlu sering mengonsumsi wortel. Selain mudah didapatkan, wortel juga memiliki khasiat besar, mulai untuk mata sampai kesehatan jantung.

Bayam

Bayam adalah sayuran berdaun hijau yang kaya asam folat, serta mengandung vitamin A, C, E, D, dan B, yang sangat penting untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin-vitamin tersebut bisa membantu menjaga jumlah sel imun dalam tubuh, sehingga cukup untuk memperkuat tubuh jika ada ancaman infeksi dan racun dalam tubuh, termasuk nikotin.

Aktivitas merokok sering disebut dapat menyebabkan kanker. Bayam memiliki kandungan vitamin A dan C serta serat, asam folat, dan 13 flavonoid yang sangat bermanfaat dalam memerangi sel kanker.

Hasil penelitian bahkan menunjukkan bahwa kandungan  yang terdapat dalam bayam bisa menurunkan risiko kanker hingga 34 persen. Karenanya, jika ancaman rokok adalah kanker, bayam akan membantu mengatasinya.

Kiwi

Kiwi dapat membantu menghilangkan nikotin dari tubuh. Buah ini merupakan sumber makanan yang kaya vitamin C, A, dan E. Kandungan vitamin yang terdapat dalam kiwi bahkan diketahui lebih besar dibanding sebagian besar buah yang lain.

Nikotin dalam rokok memiliki potensi melemahkan fungsi jantung. Mengonsumsi kiwi akan membantu mengatasi hal itu, karena vitamin E yang terdapat dalam kiwi sangat berguna sebagai antioksidan dan menjaga jantung sehat.

Selain itu, kiwi juga merupakan buah yang kaya serat, sehingga membantu dalam mengatasi kolesterol serta mengurangi risiko penyakit jantung koroner dan beberapa jenis kanker.

Buah beri

Semua jenis buah beri sangat baik dikonsumsi, karena mengandung banyak antioksidan. Stroberi, bluberi, dan sebagainya, merupakan buah-buah yang sangat kaya vitamin, yang baik bagi tubuh. Bahkan buah-buah beri dijuluki superfoods oleh para ahli, karena kegunaannya yang sangat luas, salah satunya membantu menghilangkan jumlah nikotin dari tubuh.

Bluberi mengandung zat bernama anthocyanosides, yang merupakan antioksidan terkuat. Selain itu, bluberi juga kaya vitamin C, A, dan B. Karenanya, selain berguna untuk mengurangi kadar nikotin dalam tubuh, bluberi juga berguna mengembalikan tubuh ke kondisi yang sehat setelah dipengaruhi nikotin.

Umumnya, buah-buahan akan kehilangan khasiatnya setelah diproses menjadi minuman seperti jus, yoghurt, dan sebagainya. Tetapi, hal semacam itu tidak berlaku pada buah-buah beri. Meski telah diproses menjadi es krim sekali pun, buah-buah beri tidak kehilangan khasiat vitamin-vitamin di dalamnya.

Kedelai

Kedelai merupakan bahan makanan yang mengandung protein tinggi dan isoflavon yang dapat membantu mengurangi kolesterol, kemungkinan pembekuan darah, dan penyakit jantung. Semua makanan berbahan dasar kedelai mengandung zat-zat bermanfaat seperti zat besi, kalsium, potasium, serta protein tinggi, yang sangat bermanfaat menghilangkan racun dalam tubuh.

Kedelai biasanya disajikan dalam bentuk aneka makanan, seperti tempe, tahu, susu kedelai. Dalam bentuk apa pun, kedelai tetap bagus dikonsumsi, khususnya oleh para perokok, karena kemampuannya dalam menetralisir kadar nikotin dalam tubuh.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda