Diberdayakan oleh Blogger.

Makin Tua Usia, Ternyata Kebutuhan Tidur Makin Menurun

By | 16.03
  Makin Tua Usia, Ternyata Kebutuhan Tidur Makin Menurun

ZonaKamu - Banyak orang berusia tua yang kadang mengeluh sulit tidur di malam hari. Sebenarnya, hal semacam itu tidak hanya terjadi pada satu dua orang, melainkan umum dialami orang-orang berusia tua.

Kenyataannya, berdasarkan studi, kebutuhan tidur semakin menurun seiring usia yang makin beranjak tua. Karena itu, orang berusia tua yang mengalami masalah sulit tidur juga tidak perlu terlalu khawatir, karena bisa dibilang itu hal wajar.

Dalam hasil studi yang diterbitkan oleh American Academy of Sleep Medicine, disebutkan bahwa waktu 8 jam yang dihabiskan untuk tidur terus mengalami penurunan yang mencolok seiring bertambahnya usia.

Jika semula orang mungkin bisa tidur 8 jam setiap malam tanpa masalah, durasi tidur itu bisa berkurang perlahan-lahan saat usia semakin tua. Meski bisa dibilang kurang tidur pada malam hari, namun orang berusia tua kemungkinan lebih kecil untuk merasa lelah selama siang hari.

Berdasarkan hasil penelitian, orang berusia 66-83 tahun tidur selama 20 menit lebih sedikit, dibanding orang berusia 40-55 tahun yang tidur 23 menit lebih sedikit, dibandingkan orang berusia 20-30 tahun.

Orang berusia 60 tahun ke atas sering terbangun dan menghabiskan lebih banyak waktu saat terjaga, dibandingkan orang yang lebih muda. Tidur lelap yang diduga menjadi tahap tidur paling penting untuk memulihkan energi, menurun durasinya seiring pertambahan usia.

Tetapi, meski orang berusia tua mengalami tidur yang kurang nyenyak dan kurang lengkap, serta terus-menerus berkurang dibanding orang yang lebih muda, mereka juga memperlihatkan penurunan kebutuhan tidur di siang hari. Dengan kata lain, bisa dibilang orang-orang berusia tua tidak terlalu mengalami masalah meski kurang tidur di malam hari.

Sebuah penelitian di Inggris juga mengonfirmasi hal tersebut. Clinical Research Centre di Universitas Surrey, Inggris, melakukan riset dengan melibatkan 110 orang dewasa sehat tanpa gangguan atau keluhan tidur. Sebanyak 44 orang di antaranya masih berusia muda, 35 orang berusia setengah baya, dan 31 orang berusia tua.

Mereka diminta tidur normal untuk satu malam, dan semalam berikutnya untuk pengukuran (baseline). Lalu untuk dua malam berikutnya, tidur mereka diganggu, dan diikuti dengan satu malam untuk pemulihan.

Hasilnya, selama malam baseline, orang dewasa muda menghabiskan tidur rata-rata 433,5 menit. Orang dewasa usia setengah baya tidur selama 410 menit, dan orang berusia tua tidur selama 390 menit.

Pada malam yang sama, orang dewasa lebih muda menghabiskan 118,4 menit untuk tidur pulas, orang dewasa berusia setengah baya membutuhkan 85,3 menit, sementara orang dewasa yang lebih muda membutuhkan waktu 84,2 menit.

Namun, ketika diminta berbaring pada posisi yang nyaman di tempat tidur selama siang hari dan berusaha tidur, orang dewasa muda tertidur dalam waktu rata-rata 8,7 menit, orang dewasa usia setengah baya tertidur dalam waktu hampir 12 menit, sementara orang berusia tua memutuhkan waktu lebih dari 14 menit.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda