Perbedaan Film IT Antara Dalam Novel dan Dalam Film

ZonaKamu - Uraian ini adalah lanjutan uraian sebelumnya (Perbedaan Film IT Antara Dalam Novel dan Dalam Film - Bagian 1). Untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dan urutan lebih lengkap, sebaiknya bacalah uraian sebelumnya terlebih dulu.

Kemarin, kami sudah membahas bagian-bagian pada film IT: Chapter Two yang berbeda dengan novelnya. Itu baru part pertama, dan kini kami akan sajikan lanjutannya.

Manisfestasi IT

Filmnya memang sudah memvisualisasikan beberapa manisfestasi IT, seperti Paul Bunyan, mummy, kepala Stan Uris, dan masih banyak lagi.

Namun, tidak sepenuhnya yang ada di buku ditunjukan pada filmnya. Seperti ketika Beverly mengunjungi rumah lamanya, rumahnya berubah menjadi candy house, seperti ketakutan Beverly kepada penyihir dari Hansel and Gretel.

Formasi terakhir The Losers Club

Pada novelnya, Henry Bowers menyerang Mike di perpustakaan, dan menyebabkan dia harus masuk rumah sakit. Berbeda dengan filmnya, Henry Bowers lebih dulu menyerang Eddie di hotel. Bukan mematahkan tangan Eddie seperti novelnya, Henry malah menusuk wajahnya.

Hal tersebut membuat formasi terakhir The Losers Club sedikit berbeda dari novelnya. Karena Mike masuk rumah sakit, The Losers Club hanya berlima ketika melawan Pennywise. Hal ini menghilangkan adegan Pennywise mengirim seseorang untuk membunuh Mike di rumah sakit pada filmnya.

Tom Rogan dan Audra Denbrough

Tom Rogan adalah suami Beverly, sedangkan Audra Denbrough adalah istri Bill. Peran mereka berdua di film hanya sekadar muncul pada perkenalan masing-masing anggota The Losers Club saat dewasa. Jauh berbeda dengan novelnya, di mana mereka berdua memiliki peran besar.

Keduanya mengikuti masing-masing pasangan mereka ke Derry, yang kemudian membuat Tom dipengaruhi oleh Pennywise, dan menghidupkan kembali ingatan Henry Bowers.

Sementara itu, Audra mendapatkan penglihatan dari masa lalu Beverly. Singkat cerita, mereka berdua dibawa ke tempat IT, di mana Tom meninggal karena melihat bentuk asli IT, dan Audra mengalami koma.

Rahasia terbesar IT

Salah satu twist terbesar yang ada di buku tidak diindahkan sama sekali pada filmnya, yaitu fakta bahwa IT berjenis kelamin wanita. Selain itu, IT yang dilawan The Losers Club saat itu sedang mengandung. Mungkin ini yang terbaik untuk filmnya, karena apa pun gendernya, tidak terlalu penting dan berpengaruh pada jalan cerita.

Kehancuran Kota Derry

Kota Derry, entah kenapa, seperti memiliki hubungan tersendiri dengan IT. Jadi, ketika The Losers Club berhasil mengalahkan IT, Kota Derry hancur seiring dengan kematian Pennywise. Sedangkan di filmnya, kematian Pennywise hanya menghancurkan rumah di Neibolt Street.

Ingatan yang menghilang

Salah satu hal yang unik dari tinggal di Kota Derry adalah ketika keluar dari kota tersebut. Ingatan mereka perlahan-lahan mulai menghilang, hingga tidak bisa mengingat apa pun selama tinggal di sana. Pada bukunya, hal ini tidak berubah walaupun Pennywise sudah dikalahkan. Sebaliknya, pada filmnya, Pennywise merupakan penyebab utama kenapa mereka bisa hilang ingatan.

Alhasil, ending dari novel dan filmnya sedikit berbeda. Jika di film mereka semua masih saling keep contact satu sama lain, di novelnya mereka semua melupakan apa pun yang terjadi selama di Kota Derry.