Surat Lamaran Pengusaha

Nurdin sudah berumur hampir 40 tahun namun tak juga menikah. Pasalnya, si Nurdin ini kurang bisa bergaul dengan perempuan, dan juga karena terlalu sibuk mengurusi usahanya. Semenjak kecil, Nurdin memang sangat ingin menjadi pengusaha, dan sekarang cita-citanya itu telah terlaksana.

Ibu Nurdin yang sudah tua terus-menerus meminta anaknya itu agar segera mencari calon istri dan menikah agar sang ibu bisa menyaksikan perkawinannya sebelum ajal tiba.

Akhirnya, karena terus-menerus dipaksa-paksa, Nurdin pun mulai mencari-cari perempuan yang sekiranya cocok baginya. Sampai kemudian dia berhasil menemukannya.

Karena kurang bergaul dengan perempuan, Nurdin pun tidak mendekati perempuan itu sebagaimana umumnya lelaki, namun dia mengirimkan surat lamaran kepada perempuan itu. Dan inilah isi suratnya...

“Dengan ini, saya sangat gembira memberitahukan kepada Anda, bahwa saya telah jatuh cinta kepada Anda terhitung sejak tanggal 12 Juni lalu. Berdasarkan rapat keluarga tanggal 17 Juli pukul 20.00 WIB, saya berketetapan hati untuk menawarkan diri sebagai kekasih Anda yang prospektif. Hubungan cinta kita akan menjalin masa percobaan minimal selama 3 bulan sebelum memasuki masa permanen. Selama masa percobaan ini akan diadakan on the job training secara intensif.

Kemudian, setiap tiga bulan akan diadakan evaluasi performa kerja yang bisa menuju pada pemberian kenaikan status dari kekasih menjadi pasangan hidup. Tidak menutup kemungkinan, bahwa saya akan menanggung hasil evaluasi kerja bersama. Tetapi saya menilai bagaimana bentuk dan pengeluaran yang akan dinikmati bersama.

Dengan segala kerendahan hati, saya meminta Anda menjawab lamaran ini dalam waktu 30 hari terhitung sejak tanggal penerimaan surat ini. Lewat tanggal tersebut, penawaran akan dibatalkan tanpa pemberitahuan lebih lanjut, dan akan dialihkan kepada kandidat lain. Dan saya akan sangat berterima kasih apabila Anda berkenan meneruskan surat ini kepada adik perempuan atau sepupu, apabila Anda menolak permintaan ini.

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya, saya ucapkan terima kasih.”