Juara Terpanjang

Sebuah lomba ‘burung’ terpanjang kembali diadakan di Amerika dengan peserta dari hampir seluruh negara di dunia. Ketika babak penyisihan telah dilakukan, hanya ada empat wakil dari empat negara yang berhasil masuk dalam nominasi.

Keempat peserta itu berasal dari India (yang memiliki ‘burung’ sepanjang 110 centimeter), dari Amerika (dengan ‘burung’ sepanjang 255 centimeter), dari Arab Saudi (yang burungnya mencapai panjang 305 centimeter), dan dari Indonesia (yang memiliki ‘burung’ sepanjang 12 centimeter).

Ketika kontes para nominator dilakukan di atas panggung, para penonton yang jumlahnya ribuan itu pun bersorak melecehkan peserta dari Indonesia yang ukuran ‘burung’nya tergolong tidak istimewa. Tapi Jono, peserta dari Indonesia ini, tidak gentar. Dengan tenang ia meminta para penonton agar tenang, dan kemudian menunjukkan kehebatan ‘burung’nya.

Dengan berdiri di atas panggung, Jono bertepuk tangan dua kali, dan ‘burung’nya yang 12 centimeter itu tiba-tiba memanjang 50 centimeter. Jono bertepuk tangan dua kali lagi, dan sekali lagi ‘burung’nya memanjang lagi 50 centimeter. Kemudian dia bersiul dua kali dan burungnya memendek 50 centimeter. Jono bersiul dua kali lagi dan kembali ‘burung’nya memendek lagi 50 centimeter hingga kembali ke ukuran aslinya.

Melihat itu, ribuan penonton yang menyaksikan pun segera bersorak penuh kagum dan bertepuk tangan dengan meriah. Karena tepuk tangan dari penonton itu, ‘burung’ milik Jono ini pun memanjang dan terus memanjang sampai menembus keluar gedung. Sementara si Jono sibuk bersiul-siul untuk mengembalikan ukuran ‘burung’nya yang terus memanjang tak terkontrol itu.

Akhirnya, dengan tubuh lemas dan bibir bengkak, Jono dinobatkan sebagai juara pertamanya.