Diberdayakan oleh Blogger.

Tips Menjaga Kesehatan Vagina

By | 20.42 Leave a Comment
Tips Menjaga Kesehatan Vagina

Derajat keasaman vagina adalah antara 7,1 sampai 7,3. Karenanya, untuk menjaga kestabilan derajat keasaman tersebut agar vagina senantiasa sehat, ada hal-hal yang perlu dilakukan. Tip berikut ini dapat dilakukan untuk membantu menjaga kesehatan vagina.

Pada waktu membersihkan vagina, bilaslah dari arah depan ke belakang, dan bukan sebaliknya. Akan lebih baik jika Anda menggunakan kran atau shower, sehingga air yang digunakan lebih terjaga kebersihannya. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sabun khusus untuk vagina.

Jagalah organ intim agar tidak lembap setelah buang air kecil ataupun besar. Bilas vagina sampai bersih, kemudian keringkan sebelum memakai celana dalam. Ingat, suasana lembap sangat disukai jamur.

Gantilah celana dalam sekurang-kurangnya dua sampai tiga kali sehari.

Pakailah celana dalam berbahan katun yang menyerap keringat. Panty liner sebaiknya hanya digunakan antara 2 sampai 3 jam saja.

Sebaiknya tidak mengenakan celana yang terlalu ketat, berbahan nilon, jins, dan kulit.

Segera ganti celana dalam apabila basah atau lembap, karena dapat memberi peluang tumbuhnya jamur.

Pada waktu menstruasi, sering-seringlah mengganti pembalut, karena darah yang keluar bisa menjadi media tumbuhnya kuman.

Berhati-hatilah apabila menggunakan kertas tisu untuk membersihkan vagina, karena tidak semua tisu terjamin kualitasnya. Tisu yang terbuat dari serbuk kayu kadang ada yang tercemar jamur, apabila proses pembuatannya kurang baik.

Jagalah kesehatan tubuh secara umum dengan mengasup makanan bergizi seimbang, dan jagalah berat badan selalu normal.

Bagi wanita yang pernah melahirkan dan berhubungan seks, disarankan untuk melakukan pap smear setidaknya setahun sekali, dan 2 sampai 3 tahun sekali bagi yang sudah menopause.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: