Tips Mencegah Keputihan

Problem lain yang berhubungan dengan organ seksual wanita adalah keputihan. Meski problem ini tidak terlihat dari luar, tapi si penderita pasti merasa risih dan tidak nyaman. Karenanya, sebelum masalah ini terjadi, sebaiknya kita berupaya mencegahnya.

Berikut ini tip yang bisa dilakukan untuk mencegah keputihan.

Hindari pemakaian bedak pada organ kewanitaan, karena partikel-partikel halus pada bedak mudah terselip, dan akhirnya dapat menjadi sarang jamur serta bakteri.

Keringkan selalu bagian vagina sebelum berpakaian.

Gunakan celana dalam yang kering. Kalau kebetulan basah atau lembap, usahakan secepat mungkin diganti dengan yang bersih dan belum dipakai.

Gunakan celana dalam yang bahannya menyerap keringat, seperti katun. Celana dari bahan satin atau bahan sintetik lain membuat suasana di sekitar organ intim jadi panas dan lembap.

Perhatikan pula pakaian luar. Sebenarnya, celana jins tidak dianjurkan, karena pori-porinya yang rapat. Sebaiknya pilih pakaian seperti rok atau celana berbahan selain jins, agar sirkulasi udara di sekitar organ intim dapat bergerak leluasa.

Pada waktu haid, usahakan untuk sering berganti pembalut untuk mencegah keputihan.

Apabila Anda sudah terkena problem keputihan, disarankan untuk membersihkan organ intim dengan pembersih atau obat keputihan yang tidak mengganggu kestabilan pH di sekitar vagina, misalnya dari bahan dasar alami seperti ekstrak daun sirih atau sambiloto.