Tips Alami untuk Mata Sakit atau Lelah

Kemasukan kotoran ke mata atau kelilipan tentunya sangat mengganggu mata bahkan membuat mata terkadang terasa sakit. Nah, jika kebetulan Anda pun mengalami hal semacam itu, segera atasi dengan saran ini.

Ambillah 4 hingga 5 lembar daun sereh muda, haluskan, lalu diberi air sebanyak ½ gelas. Saringlah dengan kain kasa sehingga air berwarna hijau, lalu letakkan dalam piring. Kemudian, dekatkan mata pada piring itu hingga menyentuh air di dalamnya. Kedip-kedipkanlah mata dalam air itu beberapa kali. Semua kotoran dalam mata pun akan segera keluar dalam air itu. Lakukan hal ini beberapa kali sehingga Anda yakin semua kotoran telah keluar.

Bila Anda menginginkan mata Anda selalu sehat dan Anda terhindar dari penyakit mata, lakukan saja resep tersebut setidaknya tiga bulan sekali.


Lidah Buaya untuk Mata Lelah

Mata yang tampak cekung akibat kelelahan tentu tak sedap dilihat, bukan? Jika Anda ingin kembali menyegarkan mata Anda dari kelelahan, pakai saja tips yang berikut ini.

Ambil daun lidah buaya, potong secara membujur agar cairan lidah buaya lebih banyak Anda dapatkan. Lalu potong lagi kecil-kecil. Pejamkan mata Anda, kemudian letakkan potongan lidah buaya yang berlendir tadi di kelopak mata Anda selama 15 menit atau lebih. Mata yang lelah pun akan kembali menjadi segar. Praktis, bukan?