Diberdayakan oleh Blogger.

9 Manfaat Minum Teh untuk Perbaiki Suasana Hati

By | 13.46 Leave a Comment
9 Manfaat Minum Teh untuk Perbaiki Suasana Hati

Kumparan - Kamu yang sedang bad mood alias suasana hati sedang 'gerah' seringkali kesulitan untuk menenangkan perasaan. Kalau berlarut-larut, hal ini tentunya akan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Namun tahukah kamu mengonsumsi teh seperti chamomile, black tea, dan green tea rupanya bisa memperbaiki suasana hati? Berikut 9 manfaat mengonsumsi teh seperti dilansir The Daily Meal.

1. Menenangkan

Untuk merubah mood kamu menjadi tenang kembali, coba minum teh chamomile yang dicampur dengan batang serai. Cara ini ampuh membantu kamu menenangkan diri dan menjadi lebih rileks.

2. Senang

Banyak orang mengatakan dengan meminum secangkir teh dapat mengembalikan suasana senang hati seseorang. Cobalah membuat teh herbal atau yang biasa disebut dengan tisane, yakni campuran antara daun, akar, kulit kayu, biji atau bunga dari tanaman non teh.

Di Indonesia, jenis tisane yang  terkenal adalah teh bunga rosella, sedangkan Afrika Selatan punya rooibos yang kadar antioksidannya sangat tinggi. Tisane atau teh herbal dipercaya dapat menaikkan mood kamu.

3. Lebih Berenergi

Khasiat teh hijau diyakini dapat mengalirkan energi tanpa membuat kamu gelisah ketika meminumnya. Tambahan black chai atau sejenis rempah-rempah ke  dalam rebusan teh hijau juga dapat menambah khasiat dari teh yang kamu  minum karena teh hitam mengandung dosis yang sehat dari kafein. Campuran teh ini dijamin akan memberikan energi baru ke seluruh sistem tubuh.

4. Semakin Produktif

Menyesap secangkir teh hijau setiap harinya dapat menjaga tingkat kefokusan kamu dalam bekerja. Selain teh hijau, teh peppermint  juga dapat memberikan  energi dan menjaga kamu untuk selalu fokus.

Black Tea atau teh hitam juga dipercaya dapat membantu fungsi kognitif tubuh. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Fifth International Scientific Symposium on Tea & Human Health, meminum dua cangkir teh hitam setiap harinya dapat meningkatkan kinerja seseorang.

5. Cepat Mengantuk

Jika kamu mengalami imsomnia dan ingin sekali mengobati penyakit tersebut, cobalah konsumsi teh chamomile, rooibos dan lavender untuk membuat  dirimu mengantuk lebih cepat. Teh herbal ini sangat cocok untuk merelaksasi tubuh yang membuat kamu terlelap di malam hari.

6. Bebas Stres

Hilangkan stres dalam sekejap dengan meminum secangkir tisane atau teh herbal yang dicampur dengan jahe. Khasiat jahe yang paling utama adalah sifatnya yang menenangkan. Untuk memberikan efek tenang di kala stres melanda, konsumsi racikan teh chamomile dengan irisan jahe.

7. Lebih Kreatif

Untuk  mendapatkan pikiran kreatif, kamu bisa mencoba mengkonsumsi teh herbal rooibos yang kaya akan elektrolit dan dapat membantu mengembalikan pikiran positif. Atau kamu bisa mencoba genmaicha atau teh hijau untuk mengalirkan pikiran kreatif yang muncul di otak kamu.

8. Memerangi Cuaca Buruk

Cuaca buruk seringkali membuat suasana hati menjadi buruk. Untuk menyiasati hal tersebut, cobalah seruput rempah-rempah chai yang telah terbukti  mengandung sifat antibakteri dan anti-inflamasi seperti yang terkandung  dalam jahe, tumbuhan jelatang dan adas. Menyeruput teh chamomile dengan irisan jahe dianggap bagus untuk memerangi perubahan cuaca ekstrem dan cuaca dingin.

9. In The Mood

Setiap orang pasti ingin memiliki suasana hati yang baik. Maka tak ada salahnya  awali hari kamu dengan mencampur vanila dan daun basil sebagai pembangkit semangat alami. Cara ini dipercaya ampuh untuk membuatmu lebih bersemangat dan fokus dalam melakukan aktivitas

Sumber: kumparan.com

*) Penerbitan artikel ini di ZonaKamu telah mendapat izin dari Kumparan.Com.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: