Diberdayakan oleh Blogger.

6 Jenis Olahraga Terbaik untuk Mengecilkan Perut Buncit

By | 14.48 Leave a Comment
6 Jenis Olahraga Terbaik untuk Mengecilkan Perut Buncit

Perut buncit adalah salah satu masalah yang sering dialami oleh orang di daerah perkotaan saat ini, terutama para pekerja kantoran. Perut buncit biasanya disebabkan oleh menumpuknya kalori dan lemak dalam tubuh. Gaya hidup yang tidak sehat juga bisa memicu bertambahnya ukuran perut sehingga menjadi buncit.

Minum minuman yang mengandung alkohol, makan di malam hari sebelum tidur, dan makan kudapan yang tidak sehat seperti gorengan juga bisa membuat kalori bertumpuk di daerah perut. Untuk mengatasi masalah ini, cara mengecilkan perut dengan cepat bisa dilakukan dengan olahraga rutin. Beberapa olahraga sangat direkomendasikan para ahli untuk menghilangkan perut buncit dengan cepat.

1. Olahraga Sit Up

Olahraga yang satu ini memang terkenal ampuh untuk mengecilkan perut buncit. Sit up adalah olahraga yang bisa dilakukan dimana saja namun perlu latihan rutin untuk membuat gerakan yang benar. Oleh karena itu untuk para pemula mintalah bantuan seseorang untuk menahan atau memegang kaki anda pada saat anda menggerakkan tubuh ke depan.

Olahraga sit up dapat mengencangkan otot perut sehingga membuat timbunan lemak dalam perut sedikit demi sedikit berkurang dan perut menjadi kencang. Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan melakukan jenis olahraga ini tanpa pemanasan yang cukup ya.

2. Olahraga Bersepeda

Cara mengecilkan perut tidak harus dilakukan dengan latihan fisik yang berat. Olahraga yang sifatnya refreshing pun bisa membantu anda membakar lemak perut, misalnya bersepeda. Sambil berolahraga, anda bisa menikmati indahnya pemandangan dan menghirup udara segar.

Lakukan kegiatan bersepeda di pagi hari untuk menyegarkan tubuh sebelum memulai aktivitas sibuk anda. 30 menit bersepeda dapat membakar kalori hingga 300 kalori. Jadi, tak ada salahnya meluangkan waktu untuk bersepeda bukan? Jangan lupa olahraga bersepeda juga efektif untuk mengecilkan perut buncit.

3. Olahraga Aerobik

Ini adalah jenis olahraga yang juga efektif mengecilkan perut. Selain mengasyikkan, aerobik bisa membakar lemak dengan cepat dan sistematis. Latihan aerobik biasanya berlangsung selama kurang lebih dua jam. Pada 20 menit pertama akan dilakukan pemanasan dimana energi yang dilakukan untuk sesi pemanasan diambil dari gula darah. Pada sesi selanjutnya, energi akan diambil dari lemak.

Setelah sesi pemanasan dan latihan inti, energi yang diambil untuk gerakan-gerakan aerobik berasal dari otot-otot. Latihan aerobik tidak seharusnya dilakukan lebih dari 120 menit.

4. Olahraga Renang

Pembakaran lemak tubuh dilakukan secara maksimal ketika anda melakukan olahraga berenang. Variasi gerakan renang menjaga tubuh mempunyai struktur yang bagus. Semua otot tubuh akan begerak ketika berenang dan akan mengubah lemak menjadi energi. Kalori pun akan terbakar lebih sempurna pada bagian-bagian tubuh yang digerakkan saat melakukan gaya berenang. Dan yang pasti, renang adalah olahraga mengecilkan perut buncit yang sangat baik.

5. Olahraga Jogging

Jogging adalah olahraga kardio yang paling populer. Manfaat dari olahraga ini banyak sekali, diantaranya adalah mengecilkan perut dan mencegah penyumbatan pembuluh darah. Jogging juga populer karena murah dan menyenangkan. Pernapasan anda bisa lebih teratur dan metabolisme tubuh akan menjadi semakin lancar dengan melakukan jogging secara teratur. Anda bisa melakukan jogging sesuai waktu luang anda saat pagi atau malam hari.

6. Latihan Crunch

Crunch adalah latihan fisik yang hampir serupa dengan olahraga sit up. Perbedaannya terletak pada gerakan crunch yang melatih otot perut lebih spesifik. Reverse crunch adalah variasi gerakan crunch yang berfokus untuk mengencangkan dan membentuk otot perut. Yang membedakan gerakan crunch dengan sit up adalah kerumitan variasinya. Itulah mengapa personal trainer sangat diperlukan bagi pemula.

Beberapa jenis olahraga tersebut adalah jenis olahraga yang tepat untuk anda yang memiliki masalah perut buncit. Lakukan dengan teratur maka bukan tidak mungkin anda memperolah bentuk tubuh idaman. Namun yang perlu diingat adalah lakukan olahraga tersebut secara teratur tanpa memaksakan tubuh anda ya. Jangan lupa untuk memadukan olahraga tersebut dengan mengkonsumsi makanan untuk memenuhi nutrisi tubuh secara lengkap ya.

Posting Lebih Baru Posting Lama Beranda

0 komentar: